Learning Loss Makin Mengkhawatirkan, Pelajar Kecanduan Gawai

Learning Loss Makin Mengkhawatirkan, Pelajar Kecanduan Gawai
Penulis Reda Gaudiamo menilai orang tua dan sekolah berperan dalam mengembangkan karakter anak sejak dini. Foto tangkapan layar YouTube

jpnn.com, JAKARTA - Penulis ternama Reda Gaudiamo menilai orang tua dan sekolah sangat berperan dalam mengembangkan kompetensi maupun karakter anak sejak usia dini.

Apalagi di masa pandemi yang sudah setahun lebih berjalan dan mengharuskan anak-anak melaksanakan pembelajaran jarak jauh (PJJ).

“Lebih mudah membangun anak-anak menjadi kuat daripada memperbaiki para orang dewasa. Maka, lakukanlah sekarang," ujar Reda dalam wicara daring bertajuk 'Membangun Kompetensi dan Karakter Anak Sejak Dini’ besutan Mentari Grup, Sabtu (17/4).

Founder Kamar Kata-Kata ini memaparkan beberapa aspek penting yang perlu diperhatikan orang tua dan sekolah dalam meningkatkan kompetensi maupun karakter anak.

Reda mengatakan bahwa orang tua dan sekolah harus menyalurkan minat anak dengan berbagai kegiatan dan membuka jalan mereka untuk mencoba hal-hal baru yang bermanfaat. 

Pada kesempatan sama Direktur Program Pelajar Berkreasi, Natalina Rimba menyatakan keprihatinan Mentari Group terhadap kondisi para pelajar Indonesia. “Kami sedang berjuang meningkatkan kompetensi pelajar," ujarnya. 

Pada PISA 2018, posisi pelajar Indonesia masih tertinggal jauh dengan negara lain, yaitu urutan ke-72 dari 79 negara.

Namun di kondisi pandemi, lanjutnya, tantangan justru makin bertambah. Pelajar rentan sekali kecanduan gawai. Bahkan berdasarkan laporan Kemendikbud learning loss sudah benar-benar terjadi. 

Reda Gaudiamo mengatakan lebih mudah membangun anak-anak menjadi kuat daripada memperbaiki para orang dewasa

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News