Lebaran 2023 Tanggal Berapa? NU Kapan? Simak Kalimat Mahfud MD

Lebaran 2023 Tanggal Berapa? NU Kapan? Simak Kalimat Mahfud MD
Lebaran 2023 tanggal berapa? NU Kapan? Menko Polhukam Mahfud MD menyampaikan pernyataan. Ilustrasi. Foto: Ricardo/JPNN

jpnn.com - JAKARTA - Masih sering muncul pertanyaan dari warga masyarakat, lebaran 2023 tanggal berapa? Lebaran NU kapan?

Menteri Koordinator Bidang Politik, Hukum, dan Keamanan (Menko Polhukam) Mahfud MD mengajak semua pihak untuk selalu membangun kerukunan di tengah potensi perbedaan Hari Raya Idulfitri 1444 Hijriah.

Mahfud MD mengimbau agar pemerintah daerah (pemda) mengakomodasi penggunaan fasilitas publik untuk pelaksanaan Shalat Idulfitri 1444 Hijriah atau 2023 Masehi pekan ini.

"Pemerintah mengimbau fasilitas publik seperti lapangan yang dikelola pemda agar dibuka dan diizinkan untuk tempat Shalat Idulfitri jika ada ormas atau kelompok masyarakat yang ingin menggunakannya. Pemda diminta untuk mengakomodasi. Kita harus membangun kerukunan meski berbeda waktu hari raya," cuit Mahfud dalam akun Twitter pribadinya, @mohmahfudmd, Selasa (18/4).

Tokoh kelahiran Sampang itu menyambung cuitannya dengan menegaskan bahwa meski terdapat perbedaan, penentuan Hari Raya Idulfitri 1444 H sama-sama dilakukan berdasarkan hadits Nabi Muhammad SAW.

Mahfud MD mengutip hadits yang berbunyi "Berpuasalah kamu jika melihat hilal (bulan) dan berhari rayalah jika melihat hilal," sembari menambahkan bahwa proses penentuan hilal bisa dilakukan dengan dua cara, yakni rukyat dan hisab.

"Maksudnya setelah melihat hilal tanggal 1 bulan Hijriyah, melihat hilal bisa dengan rukyat, bisa dengan dengan hisab," cuitnya.

Mahfud menjelaskan bahwa rukyat adalah proses melihat hilal dengan mata telanjang dibantu teropong seperti praktik yang dilakukan semasa Nabi Muhammad SAW.

Lebaran 2023 tanggal berapa? Lebaran NU kapan? Berikut ini kalimat Mahfud MD terkait dengan perbedaan penetapan 1 Syawal.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News