Lebaran, Jam Gadang Dibuka untuk Umum

Lebaran, Jam Gadang Dibuka untuk Umum
Lebaran, Jam Gadang Dibuka untuk Umum
BUKIT TINGGI- Jam Gadang, siapa yang tak kenal dengan salah satu ikon Sumatera Barat itu. Gempa yang menggoncang ranah Minang beberapa waktu lalu ternyata berpengaruh besar terhadap simbol orang Padang tersebut. Setelah melalui perbaikan yang panjang, Jam Gadang yang menjadi kebanggan masyarakat Sumatera itu kembali akan dibuka untuk umum pada saat lebaran nanti.

Kepala  Badan Pelestarian peninggalan Purbakala (BP3) wilayah kerja Sumbar, Riau dan Kepri, Fitra Arda, mengatakan akan berusaha untuk segera menyelesaikan sebagian pekerjaannya. Sehingga Jam Gadang yang menjadi ikon kota Bukittinggi ini dapat juga dinikmati keindahanya saat lebaran oleh semua orang dan para perantau yang pulang kampung.

Hingga saat ini kondisi pengerjaan sudah mencapai 60%, rencana nya akhir bulan Oktober pengerjaanya akan selesai 100%, namun untuk sementara bagian luarnya telah selesai di cat, sehingga sudah bisa dinikmati pengunjung saat lebaran nanti. 

Perbaikan yang dilakukan oleh BP3  sudah dilaksanakan sejak tahun 2008 lalu, dengan perbaikan struktur  pondasi dan dinding yang rusak akibat gempa tahun 2007, dengan total anggaran yang dihabiskan sebanyak Rp187 juta, kemudian kembali di perbaiki pada tahun 2010, karena kembali diguncang gempa 30 September 2009, dengan anggaran sebesar Rp600 juta.

BUKIT TINGGI- Jam Gadang, siapa yang tak kenal dengan salah satu ikon Sumatera Barat itu. Gempa yang menggoncang ranah Minang beberapa waktu lalu

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News