Lebaran, Mandiri Siapkan Uang Tunai Rp 13 T

Lebaran, Mandiri Siapkan Uang Tunai Rp 13 T
Lebaran, Mandiri Siapkan Uang Tunai Rp 13 T
JAKARTA - Setiap Lebaran, perputaran uang di masyarakat selalu meningkat. Untuk itu, meski baru memasuki Bulan Puasa, perbankan sudah mulai menyiapkan cadangan uang tunai hingga triliunan Rupiah.

Direktur Utama PT Bank Mandiri Tbk (BMRI) Zulkifli Zaini mengatakan, pada bulan-bulan biasa, transaksi nasabah Bank Mandiri mencapai kisaran Rp 10 triliun. "Pada Lebaran ini, kami prediksi akan naik 30 persen, jadi kami siapkan Rp 13 triliun," ujarnya saat ditemui di Kantor Kementerian BUMN, Senin (1/8).

Dengan kebutuhan dana masyarakat yang begitu besar, kata Zulkifli, pihaknya berharap agar Bank Indonesia (BI) tetap membuka layanan kas. "Jadi, sewaktu-waktu kebutuhan uang tunai melonjak, bank bisa mengambil di BI," katanya.

Sebab, lanjut dia, jika misalnya pemerintah menetapkan libur dan cuti bersama Lebaran 2011 selama 7 hari, maka bank akan kerepotan jika harus menyimpan dana tunai untuk kebutuhan 7 hari di tiap kantor bank. "Bisa dibayangkan (betapa repotnya) jika bank harus menyediakan kebutuhan tujuh hari kalau BI tidak buka," ucapnya.

 

JAKARTA - Setiap Lebaran, perputaran uang di masyarakat selalu meningkat. Untuk itu, meski baru memasuki Bulan Puasa, perbankan sudah mulai menyiapkan

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News