Lebaran, Perbaikan Pantura Belum Kelar

Lebaran, Perbaikan Pantura Belum Kelar
Lebaran, Perbaikan Pantura Belum Kelar

jpnn.com - KENDAL - Dalam kunjungan di Kendal kemarin, Gubernur Jateng Ganjar Pranowo juga menyempatkan sidak perbaikan jalan Pantura. Dia menjelaskan perbaikan jalan tidak bakal selesai pada lebaran nanti. Perbaikan akan dilanjutkan usai lebaran.

“Sepanjang pantura, kemarin sore (Selasa.red) sudah paparan, perbaikan sudah jalan. Tapi kita sampaikan jujur kepada masyarakat, bahwa Binamarga tidak akan selesai sampai lebaran ini. Jadi masyarakat harus siap-siap. Tapi akan dikerjakan seoptimal mungkin sampai menjelang lebaran. Dan saya minta diprioritaskan yang rusak parah. Sehingga lebaran tetap bisa dilalui. Setelah lebaran baru dilanjutkan kembali,” jelasnya.

Dijelaskan, dari hasil rapat nasional yang dilakukannya, ada dua permasalahan yang dialami seluruh jalur pantura. Kedua masalah itu yaitu kualitas pembangunan jalan dan tonase.

“Sudah rapatkan dengan nasional. Problemnya ada 2, sama dengan yang lainnya, yaitu kualitas pembangunan jalan dan tonase yang berlebihan. Kemudian jembatan timbang itu perkara di hilir dan KIR itu perkara di hulu. Itu harus diperbaiki. Seluruh penanganannya harus sama. Seluruh kepala daerah dari Gubernur, Walikota dan Bupati harus dukung. Kalau ndak, jalan seluruh Indonesia moncrot semua,” terangnya.

Sementara Kasatker Pelaksanaan Jalan Nasional Metropolitan Semarang, Dinas Binamarga Jateng, Eddy Soetarno, mengatakan, proyek tersebut dimulai pada 17 Maret 2014. Namun program perbaikan jalan itu sudah direncanakan sejak tahun lalu. Proyek tersebut dijadwalkan bakal selesai pada Desember 2014.

“Proyek ini kita mulai 17 Maret 2014 dan rencananya selesai Desember 2014. Tapi sudah kita rencanakan sejak tahun lalu,” katanya kemarin.

Dijelaskan, total anggaran perbaikan tersebut mencapai Rp 24,5 miliar. Sementara perbaikan jalur pantura Kendal itu terdapat di dua titik, yaitu Km 29.800 - 32.700 arah Semarang dan Km 30.800 - 33.300 arah Jakarta.

“Anggarannya Rp 24,5 M. Panjangnya yang arah Semarang 2,9 km dan yang arah Jakarta 2,5 km. Arah Jakarta baru kita kerjakan setelah lebaran,” jelasnya. Dia menambahkan, perbaikan tersebut bakal dihentikan H- 30 lebaran.

KENDAL - Dalam kunjungan di Kendal kemarin, Gubernur Jateng Ganjar Pranowo juga menyempatkan sidak perbaikan jalan Pantura. Dia menjelaskan perbaikan

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News