Selasa, 20 Agustus 2019 – 16:41 WIB

Lebih Baik Mana, Konsumsi Buah Sebelum atau Setelah Makan?

Selasa, 02 Juli 2019 – 14:04 WIB
Lebih Baik Mana, Konsumsi Buah Sebelum atau Setelah Makan? - JPNN.COM

jpnn.com - Buah menawarkan berbagai manfaat baik untuk kesehatan karena kaya akan vitamin dan mineral. Nah, supaya manfaat yang didapat optimal, kapan waktu terbaik makan buah, sebelum atau sesudah makan?

Dokter tak bosan-bosannya menganjurkan Anda untuk memperbanyak asupan buah. Orang-orang yang makan buah secara rutin diketahui memiliki kesehatan yang lebih baik. Risiko terkena penyakit, terutama penyakit kronis, juga menurun. Lebih lengkapnya, konsumsi buah secara teratur bisa menurunkan risiko penyakit stroke dan kardiovaskular lainnya, diabetes tipe 2, melindungi dan melawan kanker, serta menjaga kesehatan yang optimal.

Lebih baik makan buah sebelum atau setelah makan?

Selain anjuran untuk makan buah secara teratur, adakah anjuran untuk kapan waktu yang tepat mengonsumsi buah?

Waktu terbaik untuk makan buah adalah sebagai makanan pertama pada pagi hari setelah mengonsumsi segelas air. Makan buah setelah makan besar tidak terlalu disarankan, karena buah yang dimakan tak dapat diproses dengan baik, sehingga nutrisinya tidak dapat diserap secara optimal.

BACA JUGA: Bagi Penderita Diabetes, Hindari Mengonsumsi 4 Buah ini

Setelah makan besar, Anda sebaiknya memberi jeda waktu sekitar 30 menit sebelum makan buah. Idealnya, konsumsi buah sebaiknya 1 jam sebelum makan besar, atau 2 jam setelah makan besar jika Anda memiliki diabetes atau masalah sistem pencernaan seperti keasaman. Biasanya, penderita diabetes juga mengalami masalah pencernaan.

Sebagai variasi, Anda dapat mencampurkan buah dengan yoghurt (selama Anda tidak memiliki gangguan pencernaan atau keasaman). Anda juga bisa mencampurkan buah-buahan seperti nanas, jeruk, melon, atau delima dengan salad sesuai selera. Jika Anda sarapan sereal, buah berry atau buah kering juga bisa dicampurkan.

Sumber : Klikdokter
SHARES
Sponsored Content
loading...
loading...
Komentar