Lebih Berpeluang Pengusaha di Konvensi Ketimbang Kader

Lebih Berpeluang Pengusaha di Konvensi Ketimbang Kader
Lebih Berpeluang Pengusaha di Konvensi Ketimbang Kader

jpnn.com - JAKARTA - Pengamat politik, Asep Warlan Yusuf menilai peluang pengusaha di konvensi calon presiden (Capres) Demokrat lebih besar dibanding dengan kader. Alasannya, para pengusaha yang bukan kader Demokrat ini sarana untuk bisa mendapatkan dukungan.

Asep menyebut para pengusaha yang punya kans adalah Gita Wirjawan, Dahlan Iskan, Chairul Tanjung dan Rusdi Kirana. "Tidak sebanding dengan kader internal Demokrat. Mereka sarananya banyak, media, LSM. Saya kira perbandingannya 70 persen buat non kader dan 30 persen bagi internal," kata Asep kepada wartawan, Minggu (18/8).

Dia lantas membandingkan nama-nama kader Demokrat yang mencuat ke pemermukaan seperti Wakil Ketua Majelis Tinggi Demokrat Marzuki Alie, Anggota Dewan Pembina Demokrat Hayono Isman, dan Wakil Ketua Umum Demokrat Max Supacua. Perbandingannya dengan para pengusaha ibarat Liverpool melawan Timnas PSSI.

"Mereka hanya mengandalkan pencitraan dan popularitas di DPR, sementara penguasaha banyak sarana yang bisa digunakan untuk diusung menjadi Capres," ucapnya.

Sebelum dibentuknya Komite Konvensi Demokrat, Board of Advisors CSIS, Jeffrie Geovanie sudah memprediksi ada tiga pengusaha yang diprediksi akan ikut dalam konvensi Partai Demokrat. Ketiga pengusaha ini adalah bos Lion Air Rusdi Kirana, Gita Wirjawan yang saat ini menjadi Menteri Perdagangan dan pemilik Trans Corp, Chaerul Tanjung.

Menurut Jeffrie, dengan kemampuannya membawa perusahaannya sukses, ketiga pengusaha ini punya modal untuk ikut di konvensi Demokrat dan bertarung di Pilpres 2014. Hal itu dibuktikan dengan manajemen yang handa hingga membangun bisnisnya sampai sukses. "Seperti Gita Wiryawan dengan Ancora Grupnya, Chaerul Tanjung dengan Trans Corp nya, dan Rusdi Kirana dengan Lion Air Grupnya," kata Jeffrie, ketika dihubungi, Jakarta, Senin (22/7).

Jeffrie menjelaskan bila ketiga nama tersebut memutuskan mengikuti konvensi maka dipastikan akan tampil maksimal. Sebab, keberhasilan yang dicapai ketiga pengusaha tersebut pada dasarnya menjadi pembuktian sebagai petarung. (awa/jpnn)


JAKARTA - Pengamat politik, Asep Warlan Yusuf menilai peluang pengusaha di konvensi calon presiden (Capres) Demokrat lebih besar dibanding dengan


Redaktur & Reporter : Tim Redaksi

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News