Lebih Dari 100 Kasus Baru di Sydney, Penambahan Kasus Terbanyak Dalam 24 Jam

Lebih Dari 100 Kasus Baru di Sydney, Penambahan Kasus Terbanyak Dalam 24 Jam
Klinik kesehatan Greenacre di Sydney masuk dalam daftar salah satu tempat terjadinya kontak penularan virus COVID. (Supplied)

Negara bagian New South Wales dengan ibukota Sydney mencatat adanya 112 kasus penularan COVID-19 dalam 24 jam terakhir. Sebanyak 34 warga yang dinyatakan positif sempat beraktivitas di komunitas.

Untuk meminimalisir penyebaran virus, Menteri Utama NSW Gladys Berejiklian mengatakan vaksin AstraZeneca kini akan diberikan kepada warga di atas 40 tahun di negara bagian tersebut,  dengan mempertimbangkan sendiri risikonya.

"Kami sudah berbicara dengan Industri Farmasi NSW dan dalam proses mengizinkan apoteker di seluruh negara bagian untuk menyediakan vaksin AstraZeneca kepada siapa saja yang berusia di atas 40 tahun," kata Berejiklian.

Kepala Bidang Kesehatan NSW Kerry Chant mendorong warga yang sudah mendapatkan vaksin AstraZeneca dalam empat minggu terakhir untuk menelepon dokter mereka dan mendiskusikan apakah dosis kedua bisa diberikan dalam kurun waktu enam sampai delapan minggu setelah dosis pertama.

"Tentunya, jarak waktu vaksinasi enam hingga delapan minggu akan memberikan perlindungan yang lebih sedikit," ucapnya.

"Namun di masa selanjutnya, kami akan memberikan dosis tambahan, dari berbagai jenis vaksin. Yang kami lakukan sekarang adalah memberikan perlindungan untuk Anda," kata Kerry Chant.

Warga yang berusia di bawah 40 tahun juga akan bisa mendapatkan vaksin AstraZeneca di hub vaksinasi, tanpa harus ada anjuran dari dokter mereka.

Menurut Dr Chant, hal ini dilakukan karena "situasi yang dihadapi sekarang sudah berubah drastis".

Negara bagian New South Wales dengan ibukota Sydney mencatat adanya 112 kasus penularan COVID-19 dalam 24 jam terakhir

Sumber ABC Indonesia

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News