Lebih dari 3.000 Kelurahan Wilayah Non-3T Belum Terjangkau Jaringan 4G

Lebih dari 3.000 Kelurahan Wilayah Non-3T Belum Terjangkau Jaringan 4G
Menteri Komunikasi dan Informatika (Menkominfo) Johnny G Plate dalam kuliah umum Safari Jurnalistik 2021 bertema Masa Depan Media Pascadigitalisasi Televisi dan Era 5G yang diselenggarakan Persatuan Wartawan Indonesia (PWI) bersama Astra secara daring, Kamis (12/8). Foto: Aplikasi Zoom/Safari Jurnalistik 2021

jpnn.com, JAKARTA - Menteri Komunikasi dan Informatika (Menkominfo) Johnny G Plate mengatakan masih terdapat 3.435 desa/kelurahan di wilayah non-3T (terdepan, terpencil, dan tertinggal) yang tidak terjangkau layanan internet 4G.

Hal itu dikatakan Johnny dalam kuliah umum Safari Jurnalistik 2021 bertema Masa Depan Media Pascadigitalisasi Televisi dan Era 5G yang diselenggarakan Persatuan Wartawan Indonesia (PWI) bersama Astra secara daring, Kamis (12/8).

"Masih tersisa 3.435 desa dan kelurahan (non-3T) yang harus segera dilayani 4G signal coverage," kata Johnny.

Johnny menyebutkan pemerintah bersama perusahaan operator seluler sudah berkomitmen segera menyelesaikan permasalahan tersebut.

Adapun pemerintah juga menargetkan seluruh wilayah 3T sudah terjangkau internet 4G pada 2022. Saat ini masih ada lebih dari 9.000 kelurahan/desa di wilayah 3T yang belum mendapat layanan 4G.

"Kominfo melalui program BAKTI akan membangun Base Transceiver Station (BTS) di wilayah 3T. Mudah-mudahan kami selesaikan tahun 2022 dengan catatan tentu pembiayaan yang memadai," ujar Johnny.

"Kalau pembiayaannya tersedia tentu kami bisa selesaikan dengan cepat," sambung Johnny. (cr1/jpnn)

Menteri Komunikasi dan Informatika (Menkominfo) Johnny G Plate mengatakan bahwa masih terdapat 3.435 desa/kelurahan di wilayah non-3T (terdepan, terpencil, dan tertinggal) yang tidak terjangkau layanan internet 4G, simak selengkapnya.


Redaktur : Elvi Robia
Reporter : Dean Pahrevi

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News