Lebih Dekat dengan Juliana Evawati, Pemilik Senyum Manis, Caleg Termuda DPRD Surabaya

Lebih Dekat dengan Juliana Evawati, Pemilik Senyum Manis, Caleg Termuda DPRD Surabaya
Juliana Evawati merupakan caleg termuda DPRD Surabaya 2019-2024. Foto: Puguh Sujiatmiko/Jawa Pos

jpnn.com, SURABAYA - Juliana Evawati bakal menjadi anggota termuda DPRD Surabaya 2019-2024. Usia Ning Surabaya 2013 itu belum genap 26 tahun. Seperti apa kisah wanita yang memilih Partai Amanat Nasional sebagai kendaraan politiknya tersebut?

SALMAN MUHIDDIN, Surabaya

PETUGAS Pengamanan Dalam (Pamdal) DPRD Surabaya menghampiri Juliana yang baru keluar dari mobil. Biasanya, banyak pengemudi yang salah parkir di DPRD Surabaya. Mengira area itu sebagai parkiran umum. “Mau ke mana, Ibu?” tanya petugas. “Ada janjian Pak, mau ketemu di dewan,” sahut Jeje, sapaan Juliana, sambil berjalan menuju lobi, Jumat (10/5) lalu.

Petugas mengira Jeje memiliki janji dengan salah seorang anggota dewan. Namun, di dalam gedung tidak ada lagi anggota DPRD karena mereka sudah pulang. Petugas baru “ngeh” setelah Jawa Pos memberi tahu bahwa Jeje adalah anggota dewan terpilih. “Oh selamat, Bu. Silakan-silakan,” ujar petugas kepada perempuan kelahiran 10 Juli 1993 itu.

Jeje menyalami petugas jaga yang lain. Saat itu, Jeje tidak masuk ke gedung dewan yang lama Dia ingin melihat gedung dewan baru delapan lantai, kantornya nanti. Sejak September, waktu Jeje banyak dihabiskan untuk kampanye. Sebagai caleg baru, dia tahu harus bekerja lebih keras ketimbang nama-nama lama yang pernah mencalonkan diri. Termasuk para incumbent.

(Baca Juga: 3 dari 6 Kursi DPR Dapil Jabar VI akan Diduduki Perempuan)

Dapil 2 yang meliputi Tambaksari, Semampir, Kenjeran, dan Pabean Cantian tempat dia bertarung tergolong dapil berat. Sebut saja dua pesaing dari incumbent PDIP: Baktiono dan Khusnul Khotimah. Bahkan di dapil 2, Baktiono berhasil meraih dukungan paling banyak se-Surabaya dengan 22 ribu suara. Selain itu, Jeje bersaing dengan para kader di internal PAN, partai yang mengusungnya. Terdapat nama Syaiful Aidy yang menjadi calon terkuat. Syaiful lebih diunggulkan karena incumbent.

Saat penghitungan suara, dukungan yang diperoleh Jeje menunjukkan keunggulannya. Hingga penghitungan akhir, Jeje berhasil mengumpulkan 4.495 suara. Dari mana dukungan itu berasal? “Yang jelas, saya dan tim menyasar anak muda,” kata alumnus Fakultas Hukum Universitas Airlangga (Unair) Surabaya itu.

Juliana Evawati lolos ke DPRD Surabaya setelah berhasil mengumpulkan lebih dari 4.000 suara. Dari mana suara itu berasal?

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News