3 dari 6 Kursi DPR Dapil Jabar VI akan Diduduki Perempuan, Pengamat: Harus jadi Prototipe Daerah Lain

3 dari 6 Kursi DPR Dapil Jabar VI akan Diduduki Perempuan, Pengamat: Harus jadi Prototipe Daerah Lain
Ilustrasi Gedung DPR. Foto: dok.

jpnn.com, DEPOK - Tiga perempuan calon legislatif DPR RI dari dapil Jabar VI (Kota Depok dan Kota Bekasi) diprediksi lolos ke Senayan. Mereka ialah Intan Fauzi (PAN), Nur Azizah Tamhid (PKS) dan Wenny Haryanto (Golkar). Berdasarkan pleno rekapitulasi penghitungan surat suara sementara di KPUD Depok dan juga di Bekasi, jumlah suara mereka terbilang sudah aman.

Nah, menyikapi ini, Direktur Democracy and Elektoral Empowerment Partnership (DEEP) Yusfitriadi mengatakan terpilihnya tiga srikandi ini membuktikan isu caleg perempuan tidak sekadar menjadi pemanis atau pelengkap di partai politik.

Lolosnya ketiga srikandi Dapil Jabar VI ini memberi pesan bahwa caleg perempuan kini memiliki nilai jual tinggi sehingga dipilih oleh masyarakat. “Dapil Jabar VI yang mampu mengantarkan tiga srikandi ke Senayan harus menjadi prototipe bagi wilayah-wilayah lain,” ujarnya.

Intan Fauzi, Nur Azizah Tamhid dan Wenny Haryanto juga merupakan kader partai dan telah lama berkiprah di masyarakat. Intan adalah Ketua DPP PAN, Nur Azizah adalah istri mantan Wali Kota Depok Nurmahmudi Ismail, yang sudah tidak asing lagi sebagai penggiat PKK.

Yusfitriadi menambahkan, isu caleg perempuan selama ini sangat seksi. Apalagi masih banyak parpol yang mengikuti kontestasi pada pemilu 2019 sangat kesulitan memenuhi 30 persen caleg perempuan.

“Andai ada caleg perempuan yang lolos ke Senayan seperti di Dapil VI Jabar ini tiga orang sekaligus, saya kira itu sangat bagus. Meski kasuistik dan tidak masif terjadi di beberapa daerah di Jawa Barat apalagi di Indonesia, tetapi ini pertanda politikus perempuan juga bisa berbicara di kancah politik nasional,” imbuhnya. 

(Baca Juga: Delapan Perempuan Lolos, Yayuk Raup Suara Terbanyak)

Dia berharap dengan tampilnya tiga srikandi ke Senayan dari Dapil Jabar VI ini menjadi contoh buat wilayah lain untuk berani memunculkan ketokohan perempuan.

Dapil Jabar VI ini tersedia enam kursi DPR. Selain 3 nama perempuan tadi, 3 kursi tersisa dididapat Gerindra, 1 lagi juga diraih PKS dan satu untuk PDIP.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News