Lebih Ketat setelah Sidak Tim Saber Pungli

Lebih Ketat setelah Sidak Tim Saber Pungli
Penjara. Ilustrasi Foto: dok.JPNN.com

jpnn.com - jpnn.com - Rumah Tahanan Negara (Rutan) Klas I Palembang tetap dibuka di hari libur nasional, Rabu (15/2). Hanya saja, pemeriksaan dan pengamanan terpantau lebih ketat.

Itu setelah sidak Tim Satgas Saber Pungli Kemenkum HAM Sumsel mendapati mantan bupati Banyuasin H Amiruddin Inoed yang membesuk anaknya, Yan Anton Ferdian, di ruang lain terpisah dari ruang kunjungan pada umumnya.

Puluhan keluarga tahanan yang akan membesuk, kemarin menjalani proses pemeriksaan di pintu jaga I atau pintu masuk utama. Setelah memeriksa barang bawaan dari para pengunjung, petugas melakukan pemeriksaan terhadap badan pengunjung.

“Alat komunikasi seperti handphone dan sejenisnya harus dititip ke petugas,” cetus salah satu petugas, kepada Sumatera Ekspres (Jawa Pos Group), Rabu  (15/2).

Burhan, salah satu pengunjung yang membesuk keluarganya, mengakui pemeriksaan kemarin lebih ketat. Benar-benar diperiksa seluruhnya.

“Sebelumnya pemeriksaan hanya terhadap barang bawaan oleh anggota di pintu masuk. Tapi sekarang, ketika keluar sehabis mengunjungi juga diperiksa lagi. Tidak tahu kenapa.

“Mudah-mudahan ini terus dilakukan oleh seluruh petugas. Sehingga benar-benar pengunjung ini steril dari barang berbahaya atau yang tidak diperbolehkan untuk dibawa masuk ke dalam rutan,” katanya.

Kepala Rutan Klas I Palembang, H Yulius Sahruzah, membenarkan waktu kunjungan tetap buka meski di hari libur nasional hari pencoblosan pilkada serentak di Indonesia. Jadwal kunjungan juga seperti biasa. Namun, jumlah pengunjung kali ini jauh berkurang dibanding hari biasanya.

 Rumah Tahanan Negara (Rutan) Klas I Palembang tetap dibuka di hari libur nasional, Rabu (15/2). Hanya saja, pemeriksaan dan pengamanan terpantau

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News