JPNN.com

Lebih Penting Vitamin C atau E untuk Kulit?

Rabu, 13 Februari 2019 – 04:16 WIB Lebih Penting Vitamin C atau E untuk Kulit? - JPNN.com

jpnn.com - Selain merawat dari luar, demi mendapatkan kulit yang sehat, lembut, dan cerah, Anda juga membutuhkan nutrisi tambahan, seperti vitamin C dan vitamin E. Kedua vitamin itu dipercaya bisa meningkatkan kualitas kulit jika dikonsumsi secara rutin. Namun, di antara dua jenis vitamin itu, manakah yang paling baik untuk kesehatan kulit?

Vitamin C dan vitamin E sama-sama bermanfaat

Sebelum menjawab hal itu, baik vitamin C maupun vitamin E sama-sama bermanfaat untuk tubuh, khususnya kulit. Bahkan, dr. Melyawati Hermawan Sp. KK dari KlikDokter mengatakan bahwa kombinasi antara vitamin C dan vitamin E mampu melindungi kulit dari efek tidak baik sinar matahari (UV).

Hal itu juga dibenarkan dr. Alvin Nursalim dari KlikDokter. Menurutnya, kedua vitamin tersebut tidak bisa dipisahkan dan sebenarnya bukan merupakan aspek utama dalam mendapatkan kondisi kulit terbaik.

“Iya, karena yang paling penting adalah menerapkan hidup sehat. Jika pola hidup sehat itu sudah diterapkan secara teratur, pasti manfaatnya juga dirasakan kulit,” kata dr. Alvin.

Pola hidup sehat yang dimaksud adalah menjaga waktu istirahat, mengatur pola makan, dan rutin berolahraga. Adapun pengonsumsian suplemen, seperti vitamin C atau vitamin E,adalah sekadar tambahan.

Di sisi lain, dr. Alvin juga mengatakan, bila fokusnya adalah untuk kesehatan kulit, vitamin E adalah yang paling berperan penting. Meski demikian, bukan berarti vitamin C itu tidak penting, karena vitamin C alias asam askorbat merupakan vitamin yang berperan dalam pembentukan kolagen. Sementara itu, kolagen penting untuk menjaga elastisitas kulit agar selalu tampak awet muda.

Menurut dr. Karin Wiradarma dari KlikDokter, seiring bertambahnya usia, kemampuan tubuh untuk memproduksi kolagen akan menurun.

Sumber klikdokter

SPONSORED CONTENT

loading...
loading...