JPNN.com

Lebih Sehat Mana, Sarapan atau Mandi Dulu setelah Bangun Tidur?

Jumat, 06 September 2019 – 22:48 WIB Lebih Sehat Mana, Sarapan atau Mandi Dulu setelah Bangun Tidur? - JPNN.com

jpnn.com - Memutuskan hal pertama yang mesti dilakukan setelah bangun tidur di pagi hari terkadang cukup membingungkan. Pilihannya, mandi atau sarapan terlebih dahulu. Pasalnya, ada yang mengatakan jika salah satunya lebih sehat dan membuat tubuh lebih segar, lalu harus yang mana lebih dulu?

Ternyata, ada kegiatan lain yang harus didahulukan

Nah, menurut dr. Muhammad Iqbal Ramadhan dari KlikDokter, ada satu hal yang jauh lebih sehat untuk dilakukan ketimbang langsung mandi atau sarapan setelah bangun tidur, yakni minum air putih. Meski terkesan sepele, pada kenyataannya banyak orang yang kerap melewatkan minum air putih dan justru langsung melakukan kegiatan lain.

“Minum air putih setelah bangun tidur itu penting dilakukan. Bukan sekadar untuk menghidrasi tubuh, tapi minum air putih dapat memancing gerak peristaltik usus (irama usus) untuk membuang sisa-sisa kotoran,” jelas dr. Iqbal.

Itulah sebabnya, orang yang rutin minum air putih setelah bangun tidur akan lebih rutin buang air besar di pagi hari.

Lalu, apa yang mesti dilakukan setelah minum air putih? Apakah langsung sarapan saja? Tentu tidak. Dokter Iqbal menyarankan Anda untuk melakukan peregangan-peregangan otot terlebih dahulu atau melakukan olahraga “kecil” selama 15 menit.

“Intinya, tubuh harus digerakkan atau dipanaskan dulu sebelum beraktivitas. Bila perlu, lakukan olahraga minimal selama 30 menit. Hal ini sangat bagus bila dilakukan oleh orang yang ingin menurunkan berat badan. Sebab, pembakaran lemak sangat efektif dilakukan saat itu. Jika hanya ingin menjaga kesehatan, rutinitas ini pun akan berdampak positif,” tambahnya.

Apabila olahraga sudah selesai dilakukan, istirahatlah sejenak supaya keringat mengering dulu. Anda juga bisa sambil mengisi cairan tubuh yang hilang dengan minum air putih lagi, tapi air putih yang dipilih lebih baik yang bersuhu ruang dan bukan yang dingin.

Sumber klikdokter

SPONSORED CONTENT

loading...
loading...