Ledakan Kapal BC Bukan karena Kelalaian Petugas

Ledakan Kapal BC Bukan karena Kelalaian Petugas
Kondisi kapal patroli Bea Cukai yang meledak di perairan Tanjung Sengkuang, Batam, Kepri, Rabu (28/9). Foto: batampos/jpg

jpnn.com - LUBUKBAJA - Ledakan kapal patroli Bea Cukai BC 15025 yang melukai empat petugas hingga kini masih dalam pemeriksaan tim Labfor. Namun, insiden itu dipastikan bukan karena faktor kelalaian petugas. Sebab, saat itu petugas tengah berpatroli sesuai prosedur.

"Dalam patroli, petugas tidak mungkin merokok. Dipastikan bukan human error, dan  ini musibah," ujar Kepala Kantor Pelayanan Utama (KPU) Bea dan Cukai Tipe Batam, Nugroho Wahyu Widodo, seperti diberitakan batampos (Jawa Pos Group) hari ini (1/10).

Nugroho mengaku selama beroperasi, kapal tersebut tak pernah mengalami kerusakan, seperti mesin. Kapal buatan tahun 2010 tersebut selalu dirawat dan sebelum berlayar sudah diperiksa teknisi

"Sebelum berlayar selalu diperiksa. Tidak ada kerusakan, mesin tidak rusak," tegasnya.

Dia mengaku sudah menyerahkan penyelidikan ledakan kapal itu ke pihak kepolisian dan Tim Laboratorium Forensik (Labfor) Cabang Medan.

"Kepastiannya kita tunggu pemeriksaan. Saya juga sudah langsung bertemu Kapolresta Barelang melaporkan kejadian ini," pungkasnya.

Sementara itu, Kasat Reskrim Polresta Barelang, Kompol Memo Ardian menagku belum bisa menyimpulkan penyebab ledakan tersebut. Penyebab ledakan tersebut nantinya akan disimpulkan Tim Labfor.

"Penyebab pastinya belum kita ketahui. Nanti menunggu hasil pemeriksaan Tim Labfor," ujar Memo.

LUBUKBAJA - Ledakan kapal patroli Bea Cukai BC 15025 yang melukai empat petugas hingga kini masih dalam pemeriksaan tim Labfor. Namun, insiden

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News