Ledakan Penduduk Ancam Indonesia

Ledakan Penduduk Ancam Indonesia
Ledakan Penduduk Ancam Indonesia
JAKARTA - Pemerintah mulai kewalahan dengan potensi ledakan penduduk di Indonesia. Kementerian Kesehatan (Kemenkes) menilai program pengendalian penduduk melalui Keluarga Berencana (KB) mengalami stagnansi sehingga populasi di Indonesia terus meningkat dan tidak stabil. Era otonomi daerah juga dinilai melemahkan program nasional.

"Salah satu kendalanya adalah desentralisasi yang membuat banyak tantangan dan perubahan," kata Menteri Kesehatan (Menkes) Endang Rahayu Sedyaningsih ketika menghadiri Konferensi Menteri dan Legislator Perempuan Regional di Hotel Gran Melia, Jakarta, Sabtu (27/3).

Data pada 2010 menyebutkan bahwa populasi penduduk Indonesia berusia muda semakin tinggi. Saat ini ada 19,88 juta penduduk pada kelompok usia 20-24 tahun,  20,87 juta (15-19 tahun), dan 22,68 juta (10-14 tahun). Karena itu Kemenkes dan Badan Koordinasi Keluarga Berencana Nasional (BKKBN) kini tidak lagi menggunakan slogan "Dua Anak Cukup" melainkan "Dua Anak lebih baik".

Harapannya dengan slogan itu pemerintah tidak tampak otoriter dengan upaya membatasi pasangan untuk memiliki anak. "Tapi kami ingin keluarga merencanakan dengan baik sesuai kemampuannya," kata dia.

JAKARTA - Pemerintah mulai kewalahan dengan potensi ledakan penduduk di Indonesia. Kementerian Kesehatan (Kemenkes) menilai program pengendalian

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News