Ledakan Populasi Kupu-Kupu Terjadi di Queensland

Ledakan Populasi Kupu-Kupu Terjadi di Queensland
Ledakan Populasi Kupu-Kupu Terjadi di Queensland

Belakangan ini, langit di tenggara negara bagian Queensland terlihat meriah dengan kehadiran kupu-kupu yang jumlahnya sangat banyak, jauh melebihi kondisi normal. 

Kombinasi hujan dan panas yang tengah melanda kawasan ini telah menimbulkan kondisi yang sempurna bagi serangga untuk berkembang biak.

Direktur entomologi Museum Queensland, Dr Christine Lambkin, mengatakan, ia telah menerima laporan tentang beberapa spesies yang muncul dalam jumlah terbesar, sepanjang 40 tahun terakhir ini.

"Kami telah melihat sejumlah besar kupu-kupu di tenggara Queensland, dan utara New South Wales, terutama karena ada migrasi tetapi ada juga karena kelahiran baru," katanya.

"Saya melihat jumlahnya 1 tiap 1 detik ... tapi saya tak yakin berapa lama hal ini bertahan. Tapi benar, ada spesies tertentu yang jumlahnya sangat besar pada saat ini," tambah Dr. Christine.

Ledakan Populasi Kupu-Kupu Terjadi di Queensland

Ia mengatakan, hujan, yang datang bersamaan dengan panas, telah menghasilkan jumlah serangga yang besar, dengan ulat menempel di tanaman yang sedang tumbuh, sebelum berubah menjadi kupu-kupu.

"Jadi kita mendapat suhu hangat serta hujan, dan itulah yang menyebabkan serangga dewasa berhenti ber-estivasi, yang merupakan proses hibernasi serangga, dan kemudian muncul dalam jumlah banyak,” jelasnya.

Belakangan ini, langit di tenggara negara bagian Queensland terlihat meriah dengan kehadiran kupu-kupu yang jumlahnya sangat banyak, jauh melebihi

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News