Minggu, 18 November 2018 – 01:55 WIB

Ganjar Pranowo

Lega Akhirnya Tuntaskan Kuliah S2

Senin, 16 Desember 2013 – 13:05 WIB
Lega Akhirnya Tuntaskan Kuliah S2 - JPNN.COM

Gubernur Jawa Tengah (Jateng) Ganjar Pranowo usai menjalani ujian thesis di Program Pascasarjana Ilmu Politik FISIP UI, Depok, Jawa Barat, Senin (16/12). Foto: JPNN

DEPOK - Wajah Gubernur Jawa Tengah (Jateng) Ganjar Pranowo, Senin (16/12) terlihat sumringah. Pasalnya, ia baru saja dinyatakan lulus ujian thesis di Pascasarjana Ilmu Politik Universitas Indonesia (UI) Depok, Jawa Barat.

Ganjar dinyatakan lulus setelah menjalani ujian thesis yang mengupas isu independensi dalam pembahasan revisi UU Nomor 22 Tahun 2007 tentang Penyelenggara Pemilu. Bahan penelitiannya adalah sikap Fraksi Partai Demokrat, Fraksi Partai Amanat Nasional  dan pemerintah dalam isu independensi KPU.

Dosen pengujinya antara lain Prof (Riset) Syamsudin Haris dan Valina Sinka. Setelah menjalani ujian selama kurang lebih 1,5 jam sejak pukul 08.15, Ganjar pun keluar dari ruang ujian di lantai II Gedung B Pascasarjana UI.

Senyum pun terus mengembang di wajah politisi PDIP itu. Maklum saja, ia sudah sejak 2009 tercatat sebagai mahasiswa pascasarjana di FISIP UI dan terpaksa sempat cuti karena kesibukannya sebagai politisi.

Ganjar mengaku ingin memberi kejutan pada istri dan anaknya di Semarang karena akhirnya lulus kuliah S2.  "Istri dan anak saya di Semarang tidak saya kasih tahu bahwa saya ujian. Biasanya mereka mengejak saya karena nggak lulus-lulus," kelakar mantan Wakil Ketua Komisi II DPR itu.

Meski dinyatakan lulus, namun tetap ada perbaikan atas thesis setebal 166 halaman yang disusun Ganjar selama kurang lebih delapan bulan itu.  "Ada koreksi. Penguji juga minta hal-hal di forum lobby yang selama ini tak muncul di publik, dimasukkan di sini. Itu kan informasi yang belum terungkap tapi untuk memperkuat bahan kualitatif," ujar Ganjar.

Sedangkan Syamsuddin Haris mengatakan, proses ujiannya sebenarnya lancar. Namun, katanya, tantangan yang dihadapi Ganjar adalah bersikap independen dalam menyusun thesis karena posisinya sebagai politisi PDIP yang dikenal sebagai oposan, tapi mengupas sikap Fraksi PAN, FPD dan pemerintah dalam revisi UU Penyelenggara Pemilu.

"Saya minta penjelasan, bagaimana dia politisi tapi secara akademis menbjelaskan tulisannya secara independen. Tapi secara umum cukup baik," katanya.(ara/jpnn)

SHARES
TAGS   Ganjar Pranowo
Sponsored Content
loading...
loading...
Komentar