Legislator NasDem Dorong Gatot Bikin Surat Pengunduran Diri

Legislator NasDem Dorong Gatot Bikin Surat Pengunduran Diri
Gatot Nurmantyo semasa masih menjabat Panglima TNI bersama pengusaha Tommy Winata saat melepas harimau sumatera bernama Mulli (anak gadis) di Tambling, Pesisir Barat, Lampung. Foto: Puspen TNI

jpnn.com, JAKARTA - Panglima TNI Jenderal Gatot Nurmantyo akan memasuki masa pensiun pada Maret tahun depan. Namun, sosok yang akan menggantikan Gatot di kursi Panglima TNI masih menjadi teka-teki.

Menurut anggota Komisi I DPR Supiadin AS, pergantian Panglima TNI merupakan hak prerogatif Presiden. Tapi jika merujuk giliran maka Panglima TNI mendatang seharusnya berasal dari TNI Angkatan Udara.

"Namun, siapa yang ditunjuk nantinya merupakan hak prerogatif presiden," kata Supiadin di Kompleks Parlemen Senayan, Jakarta, Selasa (14/11). 

Politikus Partai Nasdem itu menambahkan, berdasar aturan maka Panglima TNI membuat surat pengunduran diri enam bulan sebelum masa jabatannya berakhir. Menurut dia, surat pengunduran tersebut dimaksudkan untuk memberi waktu kepada presiden guna menyiapkan pengganti panglima. 

Lebih jauh Supiadin berharap  agar Panglima TNI yang akan datang bisa fokus mewujudkan program minimum essential force (MEF) TNI yang sampai saat ini belum bisa tercapai. Dia menegaskan, kesejahteraan dan profesionalisme prajurit harus terus dipelihara dan ditingkatkan.

"Tentunya panglima yang baru mampu menjamin netralitas TNI pada Pilkada 2018 dan Pemilu 2019," paparnya.(boy/jpnn)


Panglima TNI Gatot Nurmantyo akan memasuki masa pensiun pada Maret tahun depan. Namun, sosok yang akan menjadi penggantinya masih teka-teki.


Redaktur & Reporter : Boy

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News