Legislator PKS Minta Jokowi Segera Selamatkan Daerah yang Minim Kasus Corona

Legislator PKS Minta Jokowi Segera Selamatkan Daerah yang Minim Kasus Corona
Pak Jokowi. Foto: Ricardo/JPNN.com

jpnn.com, JAKARTA - Anggota Komisi IX DPR RI Kurniasih Mufidayati meminta pemerintahan Presiden Jokowi bertindak cepat menghambat penyebaran virus corona (Covid-19) di provinsi lain yang masih minim infeksi wabah asal Wuhan, Tiongkok tersebut.

"Pemerintah jangan biarkan provinsi dan daerah lain menjadi episentrum Covid-19 seperti Jabodetabek. Selamatkan daerah lain yang masih zero dan minim warga yang terjangkit corona," ucap Mufida di Jakarta, Senin (13/4).

Legislator Partai Keadilan Sejahtera (PKS) itu mendorong pemerintah segea membuat kebijakan terkait tahapan bagi pemerintah daerah untuk menentukan status wilayahnya. Apakah menuju pembatasan sosial berskala besar (PSBB) maupun Karantina Wilayah.

Selain itu, pemerintah pusat juga perlu mengkaji kemungkinan diberikannya izin kepada Pemda melalukan karantina di pintu keluar masuk wilayah daerah tertentu. Memperketat social maupun physical distancing, dan kebijakan lain yang diperlukan.

"Pemerintah pusat dan daerah harus melakukan aksi cepat untuk pemutusan mata rantai penyebaran Covid-19 dengan beberapa upaya yang bisa dilakukan secara maksimal," tegas Mufida.

Hal penting lainnya menurut Mufida, pemerintah harus memastikan berbagai regulasi yang diperlukan dalam penanganan wabah ini harus dipastikan bisa diurus dengan cepat.

"Jika peraturannya bisa dibuat dua hari selesai, oke. Tetapi kalau birokratis, pemerintah pusat cukup berikan kewenangan kepada Pemda untuk melaksanakan jenis karantina selain PSBB, karena semuanya ada di Undang-Undang Nomor 6/2018 tentang Kekarantinaan Kesehatan," tandasnya. (fat/jpnn)

Anggota Komisi IX DPR RI Kurniasih Mufidayati meminta pemerintahan Presiden Jokowi bertindak cepat menghambat penyebaran virus corona


Redaktur & Reporter : M. Fathra Nazrul Islam

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News