Lelang Jabatan ala Ganjar Pranowo Layak jadi Rujukan

Lelang Jabatan ala Ganjar Pranowo Layak jadi Rujukan
Seleksi terbuka yang dilakukan Ganjar Pranowo untuk mengisi jabatan tinggi pratama di lingkup Pemprov Jateng dinilai layak jadi rujukan sistem lelang jabatan. Foto: dok tim media

jpnn.com, JAKARTA - Seleksi terbuka yang dilakukan Ganjar Pranowo untuk mengisi jabatan tinggi pratama di lingkup Pemerintah Provinsi Jawa Tengah (Pemprov Jateng) dinilai layak jadi rujukan sistem lelang jabatan.

Seperti diketahui, selama menjabat sebagai Gubernur Jateng dua periode, 2013- 2023, Ganjar Pranowo tercatat dua kali mengangkat kepala sekolah menjadi Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan (Disdikbud) Jateng.

Pertama, Kepala SMKN Bawen Kabupaten Semarang, Jumeri, pada 2019. Jumeri diangkat sebagai Dirjen PAUD Dikdasmen Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi (Kemendikbudristek), setelah beberapa waktu menjabat sebagai Kepala Disdikbud Jateng.

Selanjutnya, Uswatun Khasanah, Kepala SMAN 1 Purwantoro, Wonogiri menjadi Kepala Disdikbud Jateng pada 2022.

Selain itu, ada Imam Maskur, Camat Kedungbanteng, Kabupaten Tegal yang diangkat menjadi Kepala Biro Kesejahteraan Rakyat Setda Provinsi Jateng. Pengangkatan Imam Maskur berbarengan dengan Jumeri.

Pengamat kebijakan Universitas Diponegoro (Undip) Dr Kismartini menilai lelang jabatan yang konsisten dilakukan Ganjar Pranowo adalah revolusi birokrasi.

Sebab, dengan sistem itu, jabatan tinggi pratama akan diisi oleh orang-orang yang bekompeten serta berintegritas.

“Lelang jabatan itu bagus, membuka kesempatan kepada semua pihak untuk bisa menduduki jabatan sesuai dengan keahlian dan kompetensinya. Sebuah mekanisme yang bagus untuk meningkatkan kinerja pejabat,” kata Kismartini dalam keterangan yang dikutip di Jakarta, Senin (25/9).

Seleksi terbuka yang dilakukan Ganjar Pranowo untuk mengisi jabatan tinggi pratama di lingkup Pemprov Jateng dinilai layak jadi rujukan sistem lelang jabatan.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News