Lelang SBI Jangka Panjang

Lelang SBI Jangka Panjang
Lelang SBI Jangka Panjang
JAKARTA - Arus modal asing atau capital inflow kian gencar masuk ke negara-negara emerging market termasuk Indonesia. Saat ini tercatat, capital inflow yang masuk mencapai Rp 126 triliun. Apalagi Indonesia masuk dalam hitungan negara emerging market yang potensial bagi dana asing.

Dikatakan Kepala Biro Pengembangan dan Pengaturan Pengelolaan Moneter Direktorat Pengelolaan Moneter Filianingsih Hendarta, antisipasi terhadap masuknya capital inflow sudah dilakukan sejak Maret lalu. "Kami sudah lakukan perpanjangan profil jatuh tempo Sertifikat Bank Indonesia (SBI)," katanya saat workshop Bank Indonesia kemarin (30/11).

Selain itu, pihaknya telah mengeluarkan kebijakan dengan mengurangi instrumen jangka pendek 3 bulan. Serta memperpanjang tenor SBI 6 bulan dan 9 bulan. Hal itu bisa menekan jumlah investor asing yang mencari instrumen moneter. Modal asing yang masuk diarahkan untuk jangka panjang dan bukan jangka pendek.

"November ini sudah tidak menerbitkan SBI 3 bulan, tapi kita lelang SBI untuk jangka 6 bulan dan 9 bulan, karena melihat jangka waktu lebih panjang. Sementara jumlah SBI terbatas dan memperbanyak term deposit. Ini langkah untuk mengantisipasi pembelian SBI oleh pihak asing," ucap dia.

JAKARTA - Arus modal asing atau capital inflow kian gencar masuk ke negara-negara emerging market termasuk Indonesia. Saat ini tercatat, capital

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News