Lemhannas RI Menyiapkan Metodologi Penghitungan Kapasitas Geopolitik

Lemhannas RI Menyiapkan Metodologi Penghitungan Kapasitas Geopolitik
Gubernur Lemhannas RI Andi Widjajanto menjadi orator dalam orasi ilmiah Geo V sebagai rangkaian peringatan HUT Ke-57 Lemhannas RI di Ruang Dwiwarna Purwa pada Kamis (19/5). Foto: Humas Lemhannas RI

jpnn.com, JAKARTA - Lemhannas RI mengembangkan metodologi penghitungan kapasitas geopolitik.

Hal tersebut diutarakan Gubernur Lemhannas RI Andi Widjajanto saat orasi ilmiah Geo V sebagai rangkaian peringatan HUT Ke-57 Lemhannas RI di Ruang Dwiwarna Purwa pada Kamis (19/5). 

Metodologi penghitungan kapasitas geopolitik ini merupakan upaya Lemhannas untuk melakukan proyeksi geopolitik Indonesia. Proyeksi tersebut dilakukan dengan dua metode. 

Pertama, mengembangkan metodologi perhitungan kapasitas geopolitik untuk membandingkan posisi Indonesia dengan negara-negara lain.

Kedua, melakukan komparasi posisi Indonesia di lima topik strategis, yaitu konsolidasi demokrasi, ekonomi hijau, ekonomi biru, transformasi digital, dan ketahanan Ibu Kota Nusantara.

Metodologi penghitungan politik yang pertama dilakukan dengan menciptakan indeks kapasitas politik yang dibentuk dari penggabungan tiga kapasitas geopolitik.

Yaitu, geografis fisik, geografi insani, dan instrumen geografi.

Skor kapasitas geografi fisik dihitung dengan menggabungkan tiga indeks utama yaitu kualitas infrastruktur, kerawanan ekologis, dan keamanan energi.

Lemhannas RI menyiapkan metodologi penghitungan kapasitas geopolitik dengan menggunakan dua metode

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News