Lenovo Seriusi Laptop untuk UKM

Lenovo Seriusi Laptop untuk UKM
Lenovo Seriusi Laptop untuk UKM
SURABAYA - Produsen IT menjadikan segmen usaha kecil menegah (UKM atau small medium  enterprise/ SME) di tanah air sebagai salah satu pasar potensial mereka. Lenovo sejak tahun lalu fokus mengarap kelompok pelanggan tersebut dengan mengeluarkan tipe khusus. Diharapkan pada tahun ini, dengan lini produk yang lengkap, penjualan Lenovo terutama untuk mass market tumbuh pesat.

   

Wu Hua Horng, product manager ThinkPad HSB Lenovo Asean mengatakan bahwa penjualan Lenovo di Indonesia didominasi oleh segmen konsumer. Dan saat ini, pertumbuhan SMB yang pesat menjadikan pasar personal computer (PC) tumbuh dengan cepat. "Penjualan komputer di Indonsia masih 10 terbesar di dunia pada tahun lalu. Dan pada 2011 kami perkirakan masih akan naik," katanya kemarin dalam press confrence ThinkPad Edge berlayar 11 inci.

Saking tertariknya menggarap pasar SME, Lenovo membagi tiga kelas laptop untuk segmen tersebut. Kelas premium terdiri dari X series dan T series, sementara untuk kelas mainstream di suguhkan ThinkPad Edge series. Sedangkan entry level disediakan Y, B ,dan SL series. Dengan banyaknya model yang ditawarkan maka pembeli bisa menyesuaikan produk sesuai dengan kebutuhan dan budget mereka.

Wu mengakui bahwa pasar SME termasuk area abu-abu jika dikaitkan dengan pasar konsumer. Namun Lenovo melihat bahwa kebutuhan konsumen SME berbeda dengan konsumer. Seperti misalnya frekuensi penggunaan, hingga ketahanan laptop. "SME sekarang membutuhkan laptop dengan mesin kecil dan ringan, namun dengan kekuatan penuh dan stylish. Selain itu karena sering digunakan untuk presentasi, atau bertemu klien, maka desainya juga dibuat kuat."

SURABAYA - Produsen IT menjadikan segmen usaha kecil menegah (UKM atau small medium  enterprise/ SME) di tanah air sebagai salah satu pasar

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News