Lepas Orbit Menuju Mars

Lepas Orbit Menuju Mars
Lepas Orbit Menuju Mars

jpnn.com - NEW DELHI – Misi antariksa India menuju Mars memasuki tahap lanjutan. Mangalyaan, nama pesawat luar angkasa tersebut, memulai perjalanan 300 hari ke Planet Merah tersebut setelah lepas dari orbit bumi Minggu (1/12).

Mangalyaan akan melakukan perjalanan sejauh 680 juta kilometer. Dijadwalkan, Mars Orbiter Mission (MOM) itu akan mencapai target pada 24 September 2014.

Kemarin pagi, pesawat antariksa tersebut menghidupkan mesin utama lebih dari 20 menit. Dengan kecepatan yang memadai, pesawat itu meninggalkan garis edar bumi.

"Tahap mengorbit pada bumi dari misi Mangalyaan telah berakhir. Saat ini pesawat menuju Mars setelah mengitari matahari sekitar 10 bulan," ujar MOM dalam akun Twitter-nya.

Kepala Organisasi Riset Antariksa India (Isro) K. Radhakrishnan menjelaskan, operasi untuk meninggalkan orbit bumi berjalan dengan baik. Sejak diluncurkan pada 5 November, pesawat antariksa tersebut berhasil mengitari orbit bumi. Juga, melalui beberapa tahap untuk meninggalkan orbit bumi tanpa adanya kendala yang berarti dengan menghidupkan sejumlah mesin.

Semua manuver berhasil, kecuali yang keempat pada 11 November. Saat itu mesin mengalami masalah dengan bahan bakar dan mengakibatkan Mangalyaan jatuh ke orbit lebih rendah.

Namun, Isro telah merencanakan kemungkinan manuver berikutnya yang diperlukan pesawat seberat 1.350 kilogram itu untuk bergerak lebih jauh.

"Ada empat kali manuver. Yang pertama rencananya dilakukan pada 11 November. Bisa berubah 1–2 hari bergantung pada deviasi," terang V Koteswara Rao, seorang peneliti Isro, sebagaimana dikutip NDTV. (BBC/cak/c18/tia)


NEW DELHI – Misi antariksa India menuju Mars memasuki tahap lanjutan. Mangalyaan, nama pesawat luar angkasa tersebut, memulai perjalanan 300


Redaktur & Reporter : Tim Redaksi

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News