Lereng Arjuno Dua Hari Dilalap Api

Lereng Arjuno Dua Hari Dilalap Api
Ilustrasi

jpnn.com - PASURUAN - Kebakaran kembali melanda area hutan di lereng Gunung Arjuno di kawasan Prigen, Pasuruan, Jatim sejak Jumat (17/7). Untungnya, si jago merah akhirnya berhasil dijinakkan pada Minggu petang (19/7). Meski sudah padam, polisi kehutanan (polhut) saat ini tetap waspada untuk mengantisipasi kebakaran hutan di titik lain. 

''Api berhasil dipadamkan tim di lapangan. Butuh waktu dua hari untuk memadamkan,'' jelas Kasi UPT Tahura R. Soerdjo Kabupaten Pasuruan Murbandanto kemarin.

Dia menjelaskan, titik kebakaran tersebut berada di Blok Gumindar. Persisnya di antara Desa Cendono, Kecamatan Purwosari, dan Desa Jatiarjo, Kecamatan Prigen. Dari pos tahura, butuh waktu 3-4 jam untuk mencapai lokasi kebakaran. Lokasi itu hanya bisa ditempuh dengan jalan kaki. 

''Luas lahan yang terbakar belum kami ketahui secara pasti. Saat ini masih proses inventarisasi petugas di lapangan,'' terangnya.

Terkait tanaman yang terbakar, dia menyebut ilalang dan semak belukar yang paling dominan. Beberapa di antaranya adalah pohon cemara gunung.

Terkait penyebab kebakaran, Murbandanto belum tahu secara pasti. ''Yang pasti, banyak tanaman yang mengering. Begitu ada api, langsung terbakar dan menjalar cepat,'' ungkapnya.

Pasca kejadian itu, kini pihaknya tetap waspada dan siaga dengan melakukan patroli secara rutin dan berkala di area kawasan tahura. Baik Gunung Arjuno, Welirang, Kembar Satu dan Dua, maupun Ringgit. ''Saat ini sudah memasuki musim kemarau dan rentan sekali terulang kejadian yang sama,'' jelasnya. (zal/mie/mas/dwi)

PASURUAN - Kebakaran kembali melanda area hutan di lereng Gunung Arjuno di kawasan Prigen, Pasuruan, Jatim sejak Jumat (17/7). Untungnya, si jago


Redaktur & Reporter : Tim Redaksi

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News