Lestari Moerdijat Ajak Pemudik Patuhi Aturan Demi Kenyamanan Selama Perjalanan

Lestari Moerdijat Ajak Pemudik Patuhi Aturan Demi Kenyamanan Selama Perjalanan
Wakil MPR Lestari Moerdijat. Foto: dok MPR RI

jpnn.com, JAKARTA - Wakil Ketua MPR RI, Lestari Moerdijat meminta para pemudik mematuhi peraturan yang diterapkan sepanjang arus mudik.

Hal itu dilakukan untuk menekan angka kecelakaan dan mewujudkan libur Lebaran yang nyaman sebagai sarana memperkuat silaturahmi, serta upaya mendorong pertumbuhan ekonomi.

"Berbagai upaya untuk menciptakan arus mudik yang aman dan lancar harus dipatuhi," kata Lestari Moerdijat dalam keterangan tertulisnya, Senin (8/4).

Mengutip Kamar Dagang dan Industri (KADIN) Indonesia, perputaran uang selama ramadan dan libur lebaran diperkirakan akan meningkatkan pertumbuhan ekonomi pada kuartal 1-2024 dan diprediksi mencapai Rp 157,3 triliun.

Sementara, catatan Divisi Humas Polri menyebutkan di masa arus mudik sampai dengan Minggu (7/4), terjadi 213 kecelakaan lalu lintas dengan korban 23 orang meninggal dunia, 39 orang luka berat, dan 267 orang luka ringan.

Berdasarkan catatan itu, Lestari mengimbau semua pihak untuk tetap mematuhi sejumlah pengaturan yang diterapkan pemerintah, termasuk aparat Kepolisian yang mengatur arus mudik dan balik sepanjang libur Lebaran.

"Tidak mudah mengatur jutaan orang yang bergerak pada rentang waktu yang hampir bersamaan," tutur Rerie-sapaan akrab Lestari.

Rerie, yang juga legislator dari Dapil II Jawa Tengah itu berpendapat, hanya dengan kerja sama yang baik antar kementerian dan lembaga, aparat keamanan, serta masyarakat, arus mudik yang aman dan nyaman dapat diwujudkan.

Wakil Ketua MPR RI, Lestari Moerdijat meminta para pemudik mematuhi peraturan yang diterapkan sepanjang arus mudik.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News