Lestari Moerdijat: Akselerasi Pembangunan Kesehatan Nasional Butuh Data Valid

Lestari Moerdijat: Akselerasi Pembangunan Kesehatan Nasional Butuh Data Valid
Wakil Ketua MPR RI, Lestari Moerdijat mengatakan Survei Kesehatan Indonesia (SKI) harus mampu menyajikan data yang valid. Foto: Dokumentasi Humas MPR RI

jpnn.com, JAKARTA - Wakil Ketua MPR RI, Lestari Moerdijat mengatakan Survei Kesehatan Indonesia (SKI) harus mampu menyajikan data yang valid.

Hal itu dilakukan sebagai acuan untuk mengakselerasi pembangunan kesehatan di tanah air.

"Upaya pemerintah untuk memotret status kesehatan masyarakat melalui survei harus didukung semua pihak dengan memberikan informasi yang benar," kata Lestari Moerdijat dalam keterangan tertulisnya, Minggu (20/8).

Kementerian Kesehatan (Kemenkes) melalui Badan Kebijakan Pembangunan Kesehatan (BKPK) melakukan Survei Kesehatan Indonesia (SKI) pada Agustus 2023 hingga awal Oktober 2023.

Survei tersebut bertujuan memotret status kesehatan masyarakat serta faktor risiko yang ada dalam masyarakat.

Selain itu, juga bertujuan untuk melihat status gizi masyarakat karena SKI tahun ini dipadukan dengan survei status gizi Indonesia yang dilakukan setahun sekali.

Menurut Lestari, pandemi Covid-19 harus menjadi pelajaran semua pihak untuk konsisten mengedepankan sejumlah langkah antisipasi terhadap berbagai potensi ancaman penyakit.

Upaya tersebut, ujar Rerie, sapaan akrab Lestari, memerlukan data acuan yang akurat sebagai dasar pengambilan kebijakan yang tepat.

Wakil Ketua MPR RI, Lestari Moerdijat mengatakan Survei Kesehatan Indonesia (SKI) harus mampu menyajikan data yang valid.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News