Lestari Moerdijat: Kinerja Sektor Pariwisata Harus Konsisten

Lestari Moerdijat: Kinerja Sektor Pariwisata Harus Konsisten
Wakil Ketua MPR RI Lestari Moerdijat mengatakan upaya mendorong pertumbuhan sektor pariwisata harus mendapatkan dukungan penuh. Foto: Dokumentasi Humas MPR RI

jpnn.com, JAKARTA - Wakil Ketua MPR RI Lestari Moerdijat mengatakan upaya mendorong pertumbuhan sektor pariwisata harus mendapatkan dukungan penuh dan konsisten dari sejumlah sektor terkait.

Langkah itu dilakukan untuk mengakselerasi kinerja sektor pariwisata.

"Pertumbuhan sektor pariwisata memang sangat tergantung dukungan beberapa sektor lainnya, seperti infrastruktur, transportasi, akomodasi, dan sumber daya manusia (SDM). Tidak memadainya salah satu sektor itu akan berpengaruh pada pariwisata," kata Lestari Moerdijat dalam keterangan tertulisnya, Minggu (6/8).

Mahkamah Agung pada website resminya, Kamis (27/7), melansir salinan putusan soal kartel harga tiket pesawat.

Mahkamah Agung memenangkan kasasi Komisi Pengawas Persaingan Usaha (KPPU) dalam kasus dugaan kartel harga tiket pesawat oleh tujuh maskapai penerbangan pada 2019.

Putusan bernomor 1811 K/Pdt.Sus-KPPU/2022 tersebut sekaligus membatalkan Putusan Pengadilan Negeri Jakarta Pusat (PN Jakpus) Nomor 365/Pdt.Sus-KPPU/2020 pada 2 September 2020 yang membatalkan Putusan KPPU Nomor 15/KPPU-I/2019 tanggal 23 Juni 2020.

Putusan KPPU tersebut menyatakan tujuh maskapai terbukti secara sah dan meyakinkan melanggar Pasal 5 (penetapan harga) Undang-Undang Nomor 5 Tahun 1999 tentang Larangan Praktik Monopoli dan Persaingan Usaha Tidak Sehat.

Dalam putusan kasasi itu, MA memerintahkan tujuh maskapai nasional agar melapor ke KPPU bila akan mengambil kebijakan krusial yang berpengaruh terhadap masyarakat, persaingan usaha, dan harga tiket.

Wakil Ketua MPR RI Lestari Moerdijat mengatakan upaya mendorong pertumbuhan sektor pariwisata harus mendapatkan dukungan penuh.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News