Lestari Moerdijat: Potensi Anak Bangsa Harus Dibangun Melalui Sistem Pendidikan

Lestari Moerdijat: Potensi Anak Bangsa Harus Dibangun Melalui Sistem Pendidikan
Wakil Ketua MPR RI, Lestari Moerdijat meminta setiap anak harus ditanamkan nilai kebangsaan sejak dini dan perbaiki sistem pendirikan nasional. Foto: dok MPR RI

jpnn.com, JAKARTA - Wakil Ketua MPR RI, Lestari Moerdijat meminta setiap anak harus ditanamkan nilai kebangsaan sejak dini dan perbaiki sistem pendirikan nasional.

Langkah itu dilakukan untuk menjamin setiap anak bangsa mampu mengembangkan bakat dan potensinya semaksimal mungkin bagi kesejahteraan bangsa dan negara.

"Upaya untuk mendukung bakat dan potensi setiap anak bangsa harus dibangun melalui sistem pendidikan yang tepat dan berkesinambungan dengan kebutuhan dunia kerja di tanah air," kata Lestari Moerdijat dalam keterangan tertulisnya, Minggu (9/7).

Pada Festival Gen Z 2023, Sabtu (8/7), Dirjen Imigrasi Kementerian Hukum dan HAM Silmy Karim menyebut banyak warga negara Indonesia (WNI) dengan talenta dan kemampuan akademik yang baik pindah menjadi warga negara Singapura.

Dia memperkirakan jumlahnya mencapai sekitar 1.000 orang per tahun.

Fenomena tersebut, menurut Lestari, harus menjadi perhatian serius bagi para pemangku kebijakan, agar potensi sumber daya manusia Indonesia yang unggul tidak 'dibajak' negara lain dan bisa tetap berkarya di tanah air.

Menurut Rerie, sapaan akrab Lestari, dibutuhkan sistem pendidikan nasional yang mampu memberikan ruang yang tepat bagi setiap anak bangsa yang memiliki talenta akademik istimewa dan mendapatkan tempat menerapkan ilmunya di masyarakat.

"Kesinambungan antara kemampuan akademis dan pengaplikasiannya pada dunia kerja menjadi salah satu yang harus diwujudkan agar talenta-talenta terbaik bangsa ini tidak berpindah kewarganegaraan," kata dia.

Wakil Ketua MPR RI, Lestari Moerdijat meminta setiap anak harus ditanamkan nilai kebangsaan sejak dini dan perbaiki sistem pendirikan nasional.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News