Lestari Moerdijat Sebut Data Kependudukan yang Akurat Bisa Akselerasi Proses Pembangunan SDM

Lestari Moerdijat Sebut Data Kependudukan yang Akurat Bisa Akselerasi Proses Pembangunan SDM
Wakil Ketua MPR RI, Lestari Moerdijat. Foto: Humas MPR RI.

jpnn.com, JAKARTA - Wakil Ketua MPR RI, Lestari Moerdijat mengingatkan pemutakhiran data kependudukan langkah penting untuk mengakselerasi proses pembangunan sumber daya manusia (SDM) Indonesia.

"Kebutuhan data kependudukan yang lebih aktual sangat dibutuhkan agar sejumlah sasaran program pembangunan dapat direalisasikan tepat sasaran," kata Lestari Moerdijat dalam keterangan tertulisnya, Selasa (20/12). 

Badan Kependudukan dan Keluarga Berencana Nasional (BKKBN) telah menyelesaikan Pemutakhiran Pendataan Keluarga 2021 (PK-21) Tahun 2022. 

Dalam jangka waktu satu tahun di 2022, jumlah keluarga Indonesia bertambah sebanyak 2.271.917 keluarga.

Dari hasil Pemutakhiran PK-21 tahun 2022 itu jumlah keluarga Indonesia tercatat menjadi 70.759.056 keluarga.

Lestari mengatakan, pemanfaatan data terkini kependudukan ini harus dimaksimalkan agar meningkatkan efektivitas program pembangunan yang terkait dengan SDM di Indonesia. 

Menurut Rerie, sapaan akrab Lestari, dengan data kependudukan terkini dengan kualitas data keluarga by name by address, diharapkan mampu meningkatkan cakupan program untuk meningkatkan kesejahteraan masyarakat. 

Dengan data kependudukan yang lebih rinci, ujar Rerie yang juga anggota Komisi X DPR RI dari Dapil II Jawa Tengah itu, upaya untuk merealisasikan pembangunan berkelanjutan yang lebih inklusif dapat dilakukan lebih baik. 

Wakil Ketua MPR RI, Lestari Moerdijat mengingatkan pemutakhiran data kependudukan langkah penting untuk mengakselerasi proses pembangunan SDM.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News