Rabu, 18 Oktober 2017 – 21:38 WIB

Letak Chip e-KTP tak Seperti Kartu ATM

Selasa, 28 Maret 2017 – 14:47 WIB
Letak Chip e-KTP tak Seperti Kartu ATM - JPNN.COM

e-KTP. Foto dok JP/JPNN.com

jpnn.com, JAKARTA - Direktur Jenderal Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Dirjen Dukcapil) Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri) Zudan Arif Fakrulloh menjamin, blangko kartu tanda penduduk elektronik (e-KTP) yang kini dalam proses pencetakan, lebih baik dari blangko e-KTP sebelumnya.

"Nanti dipakai yang paling bagus bahannya, yang kuat. Karena akan (berlaku, red) seumur hidup," ujar Zudan di Jakarta, Selasa (28/3).

Menurut Zudan, chip pada blangko e-KTP nantinya akan berada di bagian dalam, lapisan keempat. Tidak sama seperti kartu ATM pada umumnya, di mana chipnya terlihat di bagian luar.

"Nanti semua ada chipnya, nanti ada di dalam, tidak seperti ATM yang kelihatan chipnya. Jadi chipnya nanti di dalam lapisan keempat," ucap Zudan.

Pria yang juga dipercaya sebagai Penjabat (Pj) Gubernur Gorontalo ini optimistis, seluruh proses pencetakan tujuh juta keping blangko e-KTP, berlangsung dengan baik. Mulai dari proses lelang hingga nantinya didistribusikan.

"Saya sudah mewanti-wanti kepada panitia lelang supaya tidak ada korupsi, tidak KKN, tidak mengambil duit dan menerima duit. Kita sudah lihat ada tim auditnya, maka keluar (harga satuan blangko e-KTP, red) Rp 11 ribu. Kami percayakan kepada mereka (PT Pura Barutama selaku pemenang tender,red) untu memproduksi sesuai ketentuan yang ada," pungkas Zudan.(gir/jpnn)

SHARES
loading...
loading...
Komentar