Lestari Moerdijat: Penurunan Angka Urbanisasi Harus Konsisten Dilanjutkan

Lestari Moerdijat: Penurunan Angka Urbanisasi Harus Konsisten Dilanjutkan
Wakil Ketua MPR, Lestari Moerdijat. Foto: Dokumentasi Humas MPR RI

jpnn.com, JAKARTA - Wakil Ketua MPR RI, Lestari Moerdijat mengatakan tren penurunan angka urbanisasi pasca-lebaran harus konsisten dilanjutkan dibarengi dengan berbagai upaya peningkatan potensi desa di tanah air.

Hal itu sebagai bentuk dari mewujudkan proses pembangunan yang lebih merata.

"Tren penurunan angka urbanisasi pasca-Lebaran ini harus dibarengi dengan konsistensi para pemangku kepentingan di tingkat pusat dan daerah untuk bersama-sama mengembangkan berbagai potensi yang ada di desa," kata Lestari Moerdijat dalam keterangan tertulisnya, Rabu (17/4).

Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Dukcapil) DKI Jakarta memperkirakan akan ada 15.000-20.000 pendatang baru di Jakarta seusai Lebaran 2024.

Jumlah itu cenderung turun jika dibandingkan dengan jumlah pendatang pasca-lebaran 2022 dan 2023 yang masing-masing sebesar 25.918 orang dan 27.478 orang.

Menurut Lestari, tren yang sama juga terlihat di angka tahunan pendatang baru di Jakarta.

"Sepanjang 2023, jumlahnya menyentuh 136.200 orang, turun dari 151.752 orang pada 2022," tuturnya.

Dia menjelaskan dengan peningkatan berbagai potensi yang ada di perdesaan dan sejumlah daerah di Nusantara diharapkan minat masyarakat untuk berbondong-bondong ke kota mencari pekerjaan dapat ditekan.

Wakil Ketua MPR RI, Lestari Moerdijat mengatakan tren penurunan angka urbanisasi pasca-lebaran harus konsisten dilanjutkan.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News