Letusan Diakibatkan Gempa Philipina

Letusan Diakibatkan Gempa Philipina
Letusan Diakibatkan Gempa Philipina
JAKARTA - Meletusnya empat gunung di Indonesia timur dalam waktu berdekatan ternyata dipicu oleh gempa bumi yang terjadi di Philipina 31 Agustus lalu. Meski masih belum bisa dipastikan 100 persen, Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) yakin kalau gempa 7,6 SR itu memicu gunung-gunung untuk meletus.

Kepada Jawa Pos, Kepala Pusat Data dan Humas BNPB Sutopo Purwo Nugroho mengatakan kalau empat gunung yang dimaksud adalah Gunung Soputan, Gunung Lokon, Gunung Karangetan, dan Gunung Gamalama. Keempatnya sampai sekarang disebut masih menggeliat. "Statusnya belum menurun. Di Soputan ada erupsi kecil," ujarnya.

Lebih lanjut dia menjelaskan, setelah letusan beruntun itu BNPB langsung melakukan kajian. Meski masih diperdebatkan, kuat dugaan kalau gempa Philipina memang menjadi pemicu. Apalagi, beberap gunung itu sebelumnya sudah berstatus siaga. Seperti Gunung Karangetan, Manado sudah menyandang status siaga sejak 8 Agustus.

"Ada indikasi semua di pengaruhi gempa bumi di Philipina. Saat itu, sangat kuat gempanya," imbuh Sutopo. Memang, gempa yang terjadi saat hujan lebat itu sempat membuat beberapa daerah di dekatnya terindikasi bakal disapu tsunami. Pacific Tsunami Warning Center (PTWC) mengeluarkan peringatan untuk Philipina, Indonesia, dan Belau.

JAKARTA - Meletusnya empat gunung di Indonesia timur dalam waktu berdekatan ternyata dipicu oleh gempa bumi yang terjadi di Philipina 31 Agustus

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News