Letusan Sinabung Pengaruhi Inflasi Batam

Letusan Sinabung Pengaruhi Inflasi Batam
Letusan Sinabung Pengaruhi Inflasi Batam

jpnn.com - BATAM KOTA -- Inflasi Kota Batam meningkat setiap bulannya. Untuk bulan Januari tercatat inflasi Kota Batam sebesar 0,73 persen.

Nilai ini lebih tinggi dari inflasi Desember lalu, yang nilainya sekitar 0,66 persen, sedangkan  November lalu inflasi di Batam hanya sebesar 0,62 persen. Tingginya angka inflasi di Batam dipengaruhi faktor alam, terutama meletusnya gunung Sinabung yang menyebabkan penurunan produksi sayuran.

Kepala Bank Indonesia Perwakilan Kepri Gusti Raezal Eka Putra mengatakan selain meletusnya gunung Sinabung curah hujan yang tinggi juga mengurangi produksi sayur-sayuran di daerah penghasil seperti Jawa, Sumatera Utara, dan wilayah Kabupaten Bintan.

"Gunung Sinabung yang terus beraktifitas mengakibatkan produksi sayuran menurun tajam, demikian halnya curah hujan di Jawa dan daerah lainnya," kata Gusti, seperti dilansir Batam Pos (JPNN Grup), Jumat (7/2).

Selain itu, gelombang laut yang tinggi sampai dengan 5 meter di perairan Provinsi Kepri cukup mengganggu aktivitas pelayaran.

Menurut Gusti, pelayaran menjadi lebih lama hingga 2 hari dan memicu terjadinya kenaikan harga. "Yang mengalami kenaikan signifika itu seperti sayur-sayuran seperti cabe rawit, tomat buah, dan kacang panjang," katanya.

Penyumbang inflasi untuk Batam dan daerah lainnya juga bersumber pada kelompok transpor, komunikasi, dan keuangan serta kelompok sandang menjelang libur panjang pada perayaan Imlek.

Permintaan transportasi yang naik telah mendorong kenaikan harga tiket transportasi terutama pesawat udara. Sementara dari kelompok sandang, harga emas perhiasan juga naik.

BATAM KOTA -- Inflasi Kota Batam meningkat setiap bulannya. Untuk bulan Januari tercatat inflasi Kota Batam sebesar 0,73 persen. Nilai ini lebih

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News