Lewat Cara Ini, Bea Cukai Berdayakan UMKM Berpotensi Ekspor

Lewat Cara Ini, Bea Cukai Berdayakan UMKM Berpotensi Ekspor
Bea Cukai di berbagai daerah mengasistensi para pelaku UMKM berpotensi ekspor. Foto: dok Bea Cukai

jpnn.com, JAKARTA - Bea Cukai di berbagai daerah, seperti Ambon, Malang, dan Gorontalo terus mengasistensi para pelaku UMKM berpotensi ekspor.

Hal itu dilakukan untuk mendukung mendukung pemulihan ekonomi nasional.

Kepala Subdirektorat Humas dan Penyuluhan Bea Cukai, Hatta Wardhana mengatakan Bea Cukai Ambon mengundang Komunitas Bisa Ekspor (Kombisa) Maluku untuk membahas prosedur dan tata laksana ekspor.

"Kami bersinergi dengan Pemerintah Provinsi Maluku dan Kota Ambon mendukung kegiatan ekspor dari Maluku.

Bentuk perwujudan kolaborasi tersebut salah satunya ialah dengan mengasistensi para pelaku usaha berpotensi ekspor," tuturnya.

Diketahui, Kombisa Maluku selama ini aktif mengirim komoditas berupa kelapa, olahan ikan, dan cengkeh dari Maluku ke Surabaya.

Produk mentah tersebut belum bisa diekspor dari Maluku karena terkendala para eksportir memperoleh buyer langsung dari luar negeri.

"Melalui kegiatan tersebut, diharapkan Bea Cukai Ambon dapat menggali potensi ekspor di Provinsi Maluku dan dapat menambah pengetahuan anggota Kombisa mengenai prosedur ekspor," ujarnya.

Bea Cukai di berbagai daerah, seperti Ambon, Malang, dan Gorontalo terus mengasistensi para pelaku UMKM berpotensi ekspor.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News