Lewat Cara ini Holding Perkebunan Nusantara Dukung Swasembada Gula

Lewat Cara ini Holding Perkebunan Nusantara Dukung Swasembada Gula
Holding Perkebunan Nusantara PTPN III terus berupaya mewujudkan swasembada gula, salah satunya yakni peningkatan produktivitas komoditi tebu. Foto dok PTPN

jpnn.com, MOJOKERTO - Holding Perkebunan Nusantara PTPN III (Persero) terus berupaya mewujudkan swasembada gula, salah satunya yakni peningkatan produktivitas komoditi tebu.

Holding Perkebunan Nusantara melalui anak usahanya, PTPN X, menjalin kerja sama dengan PT Petrokimia Gresik mengenai Program Makmur, yang sebelumnya bernama Agro Solution.

Tindak lanjut kerja sama ini adalah digelarnya tanam perdana tebu di Desa Sidonganti, Kecamatan Sooko, Kabupaten Mojokerto, Rabu (8/9).

Lahan tebu yang ditanam ini nantinya akan didukung pemenuhan pupuknya melalui Program Makmur. Pupuk yang disediakan adalah pupuk non subsidi jenis ZA dan NPK Phonska Plus.

Program ini bertujuan untuk mendorong peningkatan produktivitas tebu melalui pendampingan intensif kepada petani dalam budidaya tanaman dengan memberikan pasokan sarana produksi dan pemasaran hasil pertanian, melalui skema kemitraan.

Program Makmur ini ditujukan guna memenuhi kebutuhan pupuk 6.504 Ha lahan tebu rakyat di bawah binaan pabrik gula PTPN X, yang berada di Mojokerto, Jombang, Gresik, dan Lamongan.

“Seiring dengan target Holding untuk mewujudkan swasembada gula konsumsi di tahun 2021 dimana angka produksi mencapai 2 juta ton, Program Makmur menjadi salah satu solusinya selain dalam meningkatkan kesejahteraan petani," ucap Direktur Produksi dan Pengembangan Holding Perkebunan Nusantara Mahmudi.

Sampai September 2021, angka realisasi pemupukan yang didukung oleh Program Makmur di PTPN X telah mencapai 2.662 Ha atau sekitar 41% dari target, dengan rincian 1.561 Ha di wilayah Mojokerto, 833 Ha di wilayah Jombang, 118 Ha di wilayah Gresik, dan 150 Ha di wilayah Lamongan.

Nantinya, Holding Perkebunan Nusantara bersama Petrokimia Gresik akan rolled out tidak hanya di PTPN X, namun meliputi 14.000 petani dari tujuh PTPN gula yang akan kita dukung pemupukannya.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News