Lewat Cara ini KKP Dorong Peningkatan Konsumsi Ikan

Lewat Cara ini KKP Dorong Peningkatan Konsumsi Ikan
Ilustrasi. Foto dok JPNN.com

jpnn.com - JAKARTA - Kementerian Kelautan dan Perikanan (KKP) terus berupaya mendorong kedaulatan pangan masyarakat dan peningkatan konsumsi ikan.

Salah satunya melalui peringatan Hari Ikan Nasional (Harkannas) ke-3 2016 yang digelar 11-12 Desember 2016 di Parkir Timur Senayan, Jakarta.

Direktur Jenderal Penguatan Daya Saing Produk Kelautan dan Perikanan (PDSPKP) KKP, Nilanto Perbowo, mengatakan Harkannas merupakan upaya pemerintah untuk mewujudkan masyarakat semakin sehat, kuat dan cerdas.

"Semua pasti bisa karena masyarakat memperoleh asupan gizi yang baik dari sumber protein yang mudah didapat dan dihasilkan di dalam negeri. Kami juga perlu menggerakan atau menghela aktivitas ekonomi di hulunya seperti penangkapan, budidaya, pengolahan dan pemasaran," ungkap Nilanto.

Sehingga diharapkan bisa mengatasi masalah gizi nasional seperti bayi lahir pendek (stunting) dan obesitas.

Kasus gizi ganda dan stunting merupakan beberapa contoh masalah yang dihadapi bangsa Indonesia yang erat kaitannya dengan pemenuhan pangan dan gizi.

"Ikan sebagai bahan pangan yang mudah diproduksi dalam berbagai skala, bergizi tinggi, tersedia diseluruh nusantara, diharapkan menjadi solusi, terutama dalam konteks mendukung ketersediaan sumber pangan bergizi yang terjangkau bagi masyarakat," tandas Nilanto.

Acara puncak Harkannas ke-3 dimeriahkan dengan kegiatan Festival Perikanan Nusantara, Jalan dan Senam Sehat, Bazar Ikan Rakyat, Kuliner Masakan Nusantara, Lomba Masak Mie Ikan (pelajar/mahasiswa).

JAKARTA - Kementerian Kelautan dan Perikanan (KKP) terus berupaya mendorong kedaulatan pangan masyarakat dan peningkatan konsumsi ikan. Salah satunya

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News