Lewat Dinasti Nusantara, Raja-Sultan se-Sumbar, Riau, Jambi Sampaikan Aspirasi Ini ke Ganjar Pranowo

Lewat Dinasti Nusantara, Raja-Sultan se-Sumbar, Riau, Jambi Sampaikan Aspirasi Ini ke Ganjar Pranowo
Sukarelawan Ganjar Pranowo, Dinasti Nusantara, menggelar silaturahmi dan diskusi bersama para raja-sultan serta lembaga adat se-Sumbar, Riau, dan Jambi, di Kota Padang, Kamis (12/10). Foto: Dinasti Nusantara.

jpnn.com - PADANG - Para raja-sultan serta lembaga adat se-Sumatera Barat, Jambi, dan Riau, menyampaikan aspirasi kepada sukarelawan Ganjar Pranowo, Dinasti Nusantara.

Aspirasi itu disampaikan saat silaturahmi serta diskusi di Ruang Palma Ibiza Malta Hotel Ibis, Kelurahan Alai Parak Kopi, Kecamatan Padang Utara, Kota Padang, Kamis (12/10).

Sri Paduka Raja Yang Dipertuan Agung Haji Tengku Muhammad Nizar  dari Kerajaan Rantau Kampar Kiri Gunung Sahilan di Riau mengatakan sepenuhnya mendukung Ganjar Pranowo sebagai presiden Indonesia periode 2024-2029. 

Menurutnya, Ganjar Pranowo merupakan sosok yang perhatian kepada raja-sultan dan lembaga adat di Indonesia, khususnya di Sumbar, Riau, dan Jambi. "Pak Ganjar justru mengungkapkan apa saja yang akan dilakukan. Hal itu sangatlah membuat kami semangat lagi mendukung beliau," kata Raja Muhammad Nizar dalam keterangan tertulis, Jumat (13/10).

Dalam kesempatan itu, Muhammad Nizar pun menyampaikan aspirasi tentang dibentuknya lembaga untuk kerajaan dan kesultanan Indonesia agar diperhatikan.  "Tentu harapan kami banyak. Dibentuk semacam lembaga, supaya kerajaan-kerajaan diperhatikan. Kami minta perhatian dari pemerintah, khususnya kerajaan kami ini," ungkapnya.

Raja Muhammad Nizar mengatakan pemerintah ke depan harus lebih bijak untuk menyikapi keberadaan kerajaan dan kesultanan di Indonesia yang telah berjasa membangun NKRI. "Harapan kami, pemerintah dengan bijaknya ada perhatian kepada kami. Kerajaan ini diberikan semacam operasional," ungkap dia lagi.

Menurutya, perhatian itu akan dimanfaatkan untuk pengembangan adat dan kebudayaan yang menjadi ciri khas kerajaan dan kesultanan itu.

"Sehingga bisa membangkitkan lagi batang yang terendam. Artinya, mengembangkan adat dan kebudayaan," kata Raja Nizar.

Para raja-sultan serta lembaga adat se-Sumatera Barat, Jambi, dan Riau, menyampaikan aspirasi ini kepada Ganjar Pranowo melalui sukarelawan Dinasti Nusantara

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News