Lewat Festival UMKM, Pupuk Kaltim Tingkatkan Produktivitas Padi & Kakao Petani di Sulsel

Lewat Festival UMKM, Pupuk Kaltim Tingkatkan Produktivitas Padi & Kakao Petani di Sulsel
Pupuk Kaltim menggelar Festival UMKM di Sulawesi Selatan. Foto dok PKT

jpnn.com, SULAWESI SELATAN - Festival UMKM menghadirkan ragam produk hasil olahan masyarakat sekitar, yang digelar Pupuk Kaltim di Lapangan Sepak Bola Pallangga, Desa Pallangga, Pallangga, Kabupaten Gowa, pada 19-20 November 2022.

Pengurus Koperasi Cahaya Sehati Luwu Timur Asrul mengatakan produk olahan kakao seperti bubuk cokelat, pasta, nips, cokelat batang, minuman cokelat dan lainnya merupakan hasil dari tanaman kakao dari petani di Luwu Timur.

Meski belum semua hasil kakao diolah, Asrul mengatakan dirinya mengajak agar petani terlibat dalam pemberian nilai tambah bagi produk kakao ini.

“Petani melakukan fermentasi sendiri lalu kami fasilitasi pemasarannya sehingga ada nilai tambah dari petani. Pengolahan itu mulai dari pascapanen hingga pengolahan,” ujar Asrul.

Asrul juga melibatkan banyak petani milenial asal Luwu Timur lantaran lebih paham terhadap teknologi baru.

Hasilnya, para petani kakao berhasil panen sampai 1 ton kakao hingga dua kali dalam setahun.

Dia juga bersyukur dampak bagi pendapatan petani naik sehingga profesi petani tetap diperhitungkan untuk memenuhi kebutuhan mereka sehari-hari dengan bertani.

“Kami juga harap teman-teman petani bukan hanya paham hulu tetapi bisa melakukan produksi sendiri dari tingkat petani maupun organisasi petani. Termasuk harus ada peranan pemerintah dalam memfasilitasi keberadaan pupuk,” harapnya.

Produk Pupuk Kaltim memiliki beragam pilihan yang dapat disesuaikan dengan kebutuhan petani.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News