Pupuk Kaltim Gelar UMKM Festival di Sulsel

Pupuk Kaltim Gelar UMKM Festival di Sulsel
Pupuk Kaltim menggelar UMKM Festival di Lapangan Sepak Bola Pallangga, Desa Pallangga, Kecamatan Pallangga, Kabupaten Gowa, pada 19-20 November 2022. Foto dok PKT

jpnn.com, SULAWESI SELATAN - Pupuk Kaltim menggelar UMKM Festival di Lapangan Sepak Bola Pallangga, Desa Pallangga, Kecamatan Pallangga, Kabupaten Gowa, pada 19-20 November 2022.

Dalam pagelaran rangkaian HUT ke-45 Pupuk Kaltim ini juga dihadirkan kegiatan tari-tarian, kompetisi e-sport, hingga lomba memasak.

Sulsel terpilih sebagai bagian dari festival karena ingin mempertahankan Sulsel sebagai daerah lumbung pangan nasional, terutama untuk Kawasan Timur Indonesia (KTI).

Komisaris PKT Gustaaf AC Patty mengatakan pemilihan ini tidak hanya ujuk-ujuk lalu ditetapkan tetapi direncanakan agar produksi pangan tetap terjaga, bahkan meningkat.

"Kenapa dipilih Sulsel? Karena Sulsel ini lumbung beras khusus daerah KTI. Sehingga kerja sama antar wilayah penghasil pangan dengan PKT sebagai leader industri pupuk ada dua simbiosis yang saling menguntungkan," kata Gustaaf di sela-sela acara pembukaan UMKM Festival.

Kepala Desa Pallangga, Amrah mengatakan pihaknya mendukung kegiatan festival UMKM ini.

Amrah merasa, langkah itu sebagai upaya positif yang ditimbulkan dari acara ini.

Di desanya, sampai saat ini petani sudah menanam hingga tiga kali. Hanya saja, petani sering kekurangan pupuk karena terbatasnya kuota.

Kerja sama antar wilayah penghasil pangan dengan Pupuk Kaltim sebagai leader industri pupuk ada dua simbiosis yang saling menguntungkan.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News