Lewat FFD, Ratusan Petani Kebumen Digembleng Program CSA

Lewat FFD, Ratusan Petani Kebumen Digembleng Program CSA
Pertanian di Kabupaten Kebumen terus meningkat dalam beberapa tahun terakhir. Foto: Kementan

jpnn.com, KEBUMEN - Pertanian di Kabupaten Kebumen terus meningkat dalam beberapa tahun terakhir.

Salah satunya lantaran gencarnya program pemerintah pusat, dalam hal ini Kementerian Pertanian (Kementan) melalui program pertanian cerdas atau Climate Smart Agriculture (CSA).

CSA ialah paket teknologi ramah lingkungan program Strategic Irrigation Modernization and Urgent Rehabilitation Project (SIMURP) di bawah Badan Penyuluhan dan Pengembangan SDM Pertanian (BPPSDMP) Kementan.

Menteri Pertanian (Mentan) Syahrul Yasin Limpo mengatakan bahwa SIMURP merupakan program utama Kementan yang harus didukung.

Melalui Program SIMURP diharapkan petani penerima manfaat SIMURP dapat meningkatkan produksi dan produktivitas pertanian dengan mengedepankan penggunaan air yang efisien serta tanpa bergantung pada kondisi iklim yang berubah.

"Dengan hadirnya SIMURP diharapkan mampu mengembangkan kemampuan manajerial penyuluh dan pengelola di BPP," ujar Mentan Syahrul.

Kepala BPPSDMP Kementan Dedi Nursyamsi menjelaskan pertanian cerdas iklim atau CSA proyek SIMURP memiliki dampak yang positif untuk pertanian.

CSA SIMURP bisa meningkatkan produktivitas produksi tanaman dan pendapatan petani.

Pertanian cerdas atau Climate Smart Agriculture (CSA) ialah paket teknologi ramah lingkungan buat petani program SIMURP di bawah BPPSDMP.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News