Lewat Forum Ini, Kemnaker Membangun Jejaring Pengembangan SDM Indonesia dengan Jepang

Lewat Forum Ini, Kemnaker Membangun Jejaring Pengembangan SDM Indonesia dengan Jepang
Sekretaris Jenderal Kementerian Ketenagakerjaan Anwar Sanusi saat berbicara dalam forum Human Resources Forum Indonesia-Japan 2023. Foto: Dokumentasi Humas Kemnaker

jpnn.com, JAKARTA - Kementerian Ketenagakerjaan (Kemnaker) terus berupaya menyelaraskan pembangunan sumber daya manusia (SDM) melalui berbagai jalinan kerja sama yang telah dibangun dengan Jepang.

Upaya penyelarasan ini dilakukan, salah satunya dengan pelaksanaan Human Resources Forum Indonesia-Japan 2023.

Sekretaris Jenderal Kemnaker Anwar Sanusi mengatakan Human Resources Forum Indonesia-Japan 2023 merupakan hasil kolaborasi antara Kemnaker dan Japan International Cooperation Agency (JICA) yang melibatkan pihak pemerintah, sektor industri, swasta, dan akademisi yang terlibat dalam pengembangan SDM.

Dalam forum tersebut, berbagai pihak yang terlibat dari Indonesia dan Jepang dipertemukan guna melakukan diskusi dan saling bertukar pandangan secara terbuka.

"Sehingga forum ini dapat membentuk pemahaman bersama untuk mencapai tujuan yang bersama, serta membentuk network dengan seluruh pihak yang terlibat, khususnya dalam meningkatkan jumlah partisipasi Indonesia pada program SSW (Specified Skilled Workers) ke Jepang," kata Sekjen Anwar Sanusi dalam keterangannya, Rabu (29/11).

Lebih lanjut Sekjen Anwar menyampaikan, selain membantu pengembangan ekonomi dan pengembangan SDM di Indonesia dan Jepang melalui pertukaran SDM terampil, forum ini juga dimaksudkan untuk mempercepat pencapaian target Pemerintah Indonesia untuk mengirimkan 100 ribu pekerja terampil ke Jepang dalam 5 tahun ke depan.

Karena itu, dalam pelaksanaan forum ini juga ditandangani memorandum kerja sama antara Kemnaker dengan JICA mengenai pengembangan sumber daya manusia tenaga kerja Indonesia.

Memorandum tersebut mencakup, antara lain penyebaran informasi tentang bekerja di Jepang, pembentukan forum untuk pertukaran pandangan antara pemangku kepentingan publik dan swasta Jepang dan Indonesia, perluasan pendidikan bahasa Jepang, dan penguatan pelatihan keterampilan.

Sekjen Kemnaker Anwar Sanusi menyampaikan tujuan diselenggarakannya pelaksanaan forum Human Resources Forum Indonesia-Japan 2023

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News