Lewat JCI, Pemuda-pemuda Ini Promosikan Potensi Ekonomi Jatim ke Luar Negeri

Lewat JCI, Pemuda-pemuda Ini Promosikan Potensi Ekonomi Jatim ke Luar Negeri
Sejumlah anak muda Jawa Timur yang tergabung dalam Junior Chamber International (JCI). FOTO: ist

jpnn.com - SURABAYA - Sejumlah anak muda Jawa Timur yang tergabung dalam Junior Chamber International (JCI) mempromosikan berbagai potensi ekonomi Jatim ke luar negeri. Mereka pun menggaet kerja sama perdagangan dengan sejumlah pihak di luar negeri. 

JCI sendiri adalah organisasi kepemudaan tingkat dunia yang diakui PBB dengan anggota dari berbagai negara. Sejumlah alumnus JCI yang terkenal antara lain mantan Presiden Perancis Jacques Chirac dan mantan Presiden AS Bill Clinton.

Executive Vice President JCI Chapter Jawa Timur Mufti Aimah Nurul Anam, mengatakan, JCI Jatim baru saja mengikuti Konferensi JCI Asia-Pasifik yang digelar di Kota Kinabalu, Malaysia, pada 11-14 Juni 2015 lalu. 

Kongres tersebut diikuti sekitar 5.000 orang dari seluruh Asia Pasifik, di antaranya Jepang, Hongkong, Taiwan, Indonesia, Malaysia, Filipina, Selandia Baru, Korea Selatan, Vietnam, dan Singapura. 

"Presiden JCI dari sejumlah negara di Eropa, seperti Finlandia, Jerman, Denmark, Turki, dan Estonia juga hadir," kata Mufti

Mufti mengatakan, potensi ekonomi Jatim sangat besar. Komunitas anak muda bisa menjadi jembatan untuk mempromosikan potensi tersebut. Dengan promosi yang luas, jaringan pemasaran juga akan semakin terbentang.

Menurut Mufti Anam, di tengah tantangan perlambatan ekonomi saat ini terutama di negara-negara maju, perlu upaya diversifikasi pasar ekspor. Banyak negara berkembang yang selama ini belum disasar oleh pengusaha muda Indonesia, padahal potensinya cukup besar.

Menurut Mufti, saat ini hampir semua negara maju melambat, sehingga permintaan mereka turun. Dengan kondisi seperti itu perlu diversifikasi pasar ekspor. 

SURABAYA - Sejumlah anak muda Jawa Timur yang tergabung dalam Junior Chamber International (JCI) mempromosikan berbagai potensi ekonomi Jatim ke

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News