Lewat Pelatihan Urban Farming, KPPG Sodorkan Solusi Pertanian di Perkotaan

Lewat Pelatihan Urban Farming, KPPG Sodorkan Solusi Pertanian di Perkotaan
Kesatuan Perempuan Partai Golkar (KPPG) bekerjasama dengan Kementerian Pertanian mengadakan Pelatihan Urban Farming/Bercocok Tanam untuk Rumah Tangga. Foto dok KPPG

jpnn.com, JAKARTA - Kesatuan Perempuan Partai Golkar (KPPG) bekerjasama dengan Kementerian Pertanian mengadakan Pelatihan Urban Farming/Bercocok Tanam untuk Rumah Tangga. Acara ini diikuti sekitar 70 orang ini dibuka oleh PLH Kepala BPTP Jakarta Syarifah Aminah.

Dalam sambutannya Hetifah menuturkan pelatihan ini merupakan cara menjawab tantangan ke depan khususnya bagi perempuan, untuk berperan aktif dalam ketahanan pangan.

“Tentu kami semua tahu bahwa ketahanan pangan kita ke depan semakin terancam, dikarenakan semakin sempitnya lahan pertanian di kota, meningkatnya jumlah penduduk, dan perubahan iklim,” terangnya.

Dia juga menambahkan, perempuan yang merupakan tonggak ketahanan pangan dalam keluarga perlu mengikuti pelatihan ini.

Selain itu Miranti Kono sebagai Ketua Pelaksana menguraikan bahwa kegiatan ini diikuti oleh 75 perempuan, mereka mendapatkan materi serta praktek langsung di lapangan, selain itu mereka akan dibekali bibit tanaman sayur supaya bisa langsung mempraktekan di rumah.

“Peserta tadi mendapatkan materi terkait Inovasi Teknologi Urban Farming, kemudian praktek terkait penanaman sistem pot, wall garden, hidroponik, vertiminaponik, walqaponik, roof garden, microgreen, vermicomposting, budidaya kelinci sampai mengolah sayuran menjadi smoothies," jelasnya.(chi/jpnn)


Pelatihan ini merupakan cara menjawab tantangan ke depan, khususnya bagi perempuan, untuk berperan aktif dalam ketahanan pangan.


Redaktur & Reporter : Yessy

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News