Liang Lahat Kiai Hasyim Berair, Lokasi Makam Dipindah

Liang Lahat Kiai Hasyim Berair, Lokasi Makam Dipindah
Lokasi liang lahat untuk memakamkan KH Hasyim Muzadi di kompleks Pondok Pesantren Alhikam, Depok, Jawa Barat, Kamis (16/3) yang mengeluarkan air. Foto: Desynta/JPNN.Com

jpnn.com, DEPOK - Keluarga besar KH Hasyim Muzadi memutuskan membuat pusara alternatif untuk tempat peristirahatan terkahir mantan ketua umum Pengurus Besar Nahdlatul Ulama (PBNU) itu. Mereka menyiapkan liang lahat lain di depan halaman Masjid Pesantren Al Hikam II, Beji Depok.

Semula, keluarga telah menyiapkan pusara tepat berada di samping kiri gedung Sekolah Tinggi Kulliyatul Quran Al Hikam Depok (STKQ Al Hikam Depok atau di kawasan yang sama. Namun, pusara itu terus digenangi air.

"Alasannya dikarenakan lokasi makam yang sudah siap kondisinya, airnya nggak mau surut," ujar kerabat Hasyim Muzadi, Idzofi yang tengah mempersiapkan pusara.

Menurutnya, air di dasar pusara itu berasal dari tanah. Sebab, lokasi itu bekas rawa.

"Sumber dari bawah karena ini dulu resapan. Kondisinya nggak memungkinkan," ucapnya.

Karenanya beragam upaya dilakukan. Misalnya, mengakalinya dengan menyedot air itu.

Upaya lainnya adalah dengan mencampurkan pasir dengan tanah tersebut dengan pipa dan mencampuri tanah dengan pasir. "Disedot nggak surut. Sudah dikasih papan, dikasih pasir. Kalau di sini lebih nyaman," tegasnya.

Makam alternatif untuk Kiai Hasyim pun sudah memperoleh persetujuan keluarga. Tapi jika air di liang lahat sebelumnya surut, maka jenazah Kai Hasyim akan dimakamkan di lokasi pertama.

Keluarga besar KH Hasyim Muzadi memutuskan membuat pusara alternatif untuk tempat peristirahatan terkahir mantan ketua umum Pengurus Besar Nahdlatul

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News