Libur Nataru, Pelindo III Prediksi Penumpang Kapal Menurun

Libur Nataru, Pelindo III Prediksi Penumpang Kapal Menurun
ilustrasi para penumpang kapal laut.

jpnn.com, SURABAYA - PT Pelindo III, menyiapkan berbagai fasilitas untuk melayani lonjakan arus penumpang kapal laut di Terminal Gapura Surya Nusantara (GSN), Pelabuhan Tanjung Perak Surabaya, pada musim liburan Natal 2017 dan Tahun Baru 2018.

Di antaranya Pelindo III mendirikan Posko Komando Taktis atau Poskotis sebagai posko gabungan unsur petugas dan Port Facility and Security Office (PFSO), Otoritas Pelabuhan, Syahbandar, serta Kepolisian Resort.

"Petugas ekstra juga dikerahkan,” ujar CEO Pelindo III Ari Askhara, di Surabaya, Sabtu (23/12).

Dia menjelaskan puncak arus penumpang diprediksi akan terjadi pada 23 Desember (pra-Natal) dan 28 Desember (periode liburan Natal dan Tahun Baru) dengan jumlah penumpang baik debarkasi maupun embarkasi sekitar 2.800-3.300 orang.

Kemudian pada 2 Januari 2018 (pasca-Tahun Baru) jumlah penumpang diperkirakan hampir mencapai 2 ribu orang.

"Arus penumpang Nataru tahun ini diperkirakan sekitar 12 ribu penumpang debarkasi dan 11 ribu penumpang embarkasi atau turun sekitar 7 persen dari tahun sebelumnya yang sebesar 13 ribu penumpang debarkasi dan 12 ribu penumpang embarkasi," tambahnya.

Meski diprediksi menurun, Pelindo III tetap menyiagakan Poskotis sejak 18 Desember 2017 hingga 8 Januari 2018.

Selain Poskotis, Pelindo III juga bekerja sama dengan Kantor Kesehatan Pelabuhan menyediakan posko kesehatan yang tersedia di dalam terminal dan di luar terminal terminal dengan eksterior unik berupa container office, lengkap dengan satu mobil ambulans yang selalu siaga.(chi/jpnn)


Meski penumpang diprediksi menurun, Pelindo III tetap menyiagakan Poskotis sejak 18 Desember 2017 - 8 Januari 2018 selama periode liburan Natal dan Tahun Baru.


Redaktur & Reporter : Yessy

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News