Libur Nataru, XL Axiata Siapkan Langkah Mengantisipasi Potensi Lonjakan Trafik

Libur Nataru, XL Axiata Siapkan Langkah Mengantisipasi Potensi Lonjakan Trafik
Teknisi saat melakukan pengecekan jaringan pada perangkat Base Trasnceiver Station (BTS). Foto: Dokumen XL Axiata.

jpnn.com - PALEMBANG - PT XL Axiata Tbk (XL Axiata) memastikan kesiapan jaringan dalam menghadapi kemungkinan lonjakan trafik di semua layanan saat menjelang libur panjang Natal 2023 dan Tahun Baru 2024.

Direktur & Chief Technology Officer XL Axiata I Gede Darmayusa, mengungkapkan bahwa berdasarkan Survei Kementerian Perhubungan 2023, diperkirakan akan ada potensi pergerakan sekitar 107,63  juta orang pada momen libur Nataru. Menurut dia, hal itu tentu akan ikut mendorong peningkatan trafik penggunaan layanan telekomunikasi dan data.

"Karena itulah, XL Axiata perlu menyiapkan jaringan dengan kapasitas dua kali lipat lebih besar dari hari normal, agar dapat tetap aman jika terjadi lonjakan trafik yang signifikan," kata Gede dalam siaran pers yang diterima JPNN.com, Senin (18/12).

Berdasarkan tahun-tahun sebelumnya, XL Axiata memprediksi akan terjadi peningkatan trafik mencapai dua hingga tiga kali lipat dibandingkan rata-rata pada kondisi normal hari biasa, dan naik sekitar 20 persen dibandingkan trafik Nataru tahun lalu.

Lonjakan trafik antara lain akan terdorong oleh makin intensifnya pelanggan menggunakan berbagai layanan digital dengan kapasitas besar yang biasanya dimanfaatkan untuk mengisi masa libur panjang. 

Diperkirakan pelanggan akan banyak berkirim konten video atau foto, serta akses streaming baik video, musik, serta gim.  Media sosial juga diperkirakan akan menjadi sasaran pelanggan mengisi waktu liburan untuk berbagi meriahnya momen Nataru.

Oleh karena itu, XL Axiata melakukan beberapa persiapan jaringan, meliputi peningkatan kapasitas, optimisasi di area-area tujuan wisata dan sepanjang jalur transportasi darat (tol dan nontol) di Jawa, Sumatra, Kalimantan, Sulawesi. Kemudian, di sepanjang jalur kereta api, termasuk kereta cepat.

"Tim teknis kami juga memperkirakan akan ada pergerakan masif yang akan terkonsentrasi di jalur mudik via Tol Trans Jawa dan Trans Sumatra dan berpotensi meningkatkan trafik jaringan sekitar 10-20 persen," ungkap Gede.

XL Axiata memastikan kesiapan jaringan dalam menghadapi kemungkinan lonjakan trafik di momen libur Nataru.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News