Liga 1 dan Liga 2 Dilanjutkan Mulai September atau Oktober, Sesuai Protokol Kesehatan

Liga 1 dan Liga 2 Dilanjutkan Mulai September atau Oktober, Sesuai Protokol Kesehatan
Kompetisi Liga 1 Indonesia. Ilustrasi Foto: ANTARA/Raisan Al Farisi

jpnn.com, JAKARTA - Kabar yang ditunggu-tunggu terkait kelanjutan Liga 1 dan Liga 2 musim 2020 akhirnya terjawab.

PSSI memastikan kompetisi berlanjut dan akan digelar kembali pada September atau Oktober mendatang.

Kepastian itu didapatkan setelah Exco PSSI menggelar rapat pada Rabu (17/6) secara virtual.

Rapat itu dilakukan sesuai dengan statuta PSSI 2019 pasal 39 ayat 6 tentang rapat Exco bahwa Ketua Umum dapat mengadakan pertemuan dengan Exco dalam keadaan mendesak untuk mengatasi masalah yang memerlukan penyelesaian segera diantara dua pertemuan Exco.

"Jika anggota Komite Eksekutif tidak dapat menghadiri pertemuan dengan bertatap muka secara langsung, maka keputusan dapat dilakukan melalui sarana komunikasi modern atau komunikasi tertulis lainnya (email atau aplikasi pesan)," bunyi pernyataan PSSI.

PSSI sendiri sebelumnya melalui surat keputusan Ketua Umum PSSI M Iriawan mengambil langkah menghentikan kompetisi Liga 1 dan 2 2020 pada 16 Maret lalu karena masifnya penyebaran Covid-19 di melanda Indonesia.

"Setelah kompetisi dihentikan kami intens melakukan komunikasi dengan dengan klub Liga 1 dan Liga 2. Mereka sepakat bahwa kompetisi harus dilanjutkan. Setelah itu kami bawa ke rapat Exco, dan dengan ini PSSI memutuskan melanjutkan kompetisi," ucap Ketum PSSI M Iriawan, Jumat (19/6).

Selain melakukan koordinasi dengan klub Liga 1 dan Liga 2, PSSI juga melakukan koordinasi dengan Asosiasi Pelatih Sepak bola Indonesia (APSSI) serta Asosiasi Pesepakbola Profesional Indonesia (APPI) dan mereka pun sepakat ingin kompetisi dilanjutkan.

PSSI telah melakukan koordinasi dengan Kemenpora, Kemenkes dan Gugus Tugas Covid-19 terkait lanjutan Liga 1 dan Liga 2.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News