Lihat Aksi Heroik Anggota TNI Membantu Ibu Melahirkan di Hutan

Lihat Aksi Heroik Anggota TNI Membantu Ibu Melahirkan di Hutan
Personel Satgas Pamtas Yonif 123/Rajawali membantu persalinan warga perbatasan Kristin di pondok beralasan terpal. ANTARA Papua/HO-Pendam XVII. Foto: antara

jpnn.com, MERAUKE - Prajurit TNI 8 Satgas Pamtas RI-PNG Yonif 123/Rajawali Pos Yakyu melakukan aksi heroik membantu proses persalinan darurat warga perbatasan Papua bernama Kristin.

Perempuan itu melahirkan anak ketiga di Kampung Rawabiru Distrik Sota Kabupaten Merauke.

Komandan Satuan Tugas (Dansatgas) Pamtas RI-PNG Yonif 123/Rajawali Letkol Inf Goklas P. Silaban dalam keterangan diterima mengatakan salah satu pos yang berada di Kampung Rawabiru dengan sigap merespons dan bertindak membantu proses persalinan ibu Kristin saat hendak kehutan bersama suaminya.

"Proses persalinan dilaksanakan di tempat singgah pondok yang hanya beratapkan terpal, dan bayinya terlahir dengan selamat walaupun perlengkapan yang kami miliki sangat terbatas,” ujar Dansatgas.

Diakui Letkol Goklas Silaban, kejadian itu berlangsung ketika salah seorang warga Yakyu datang ke Pos melaporkan bahwasanya Kristin akan melahirkan di salah satu pondok di pinggir hutan dan saat itu didampingi dua orang warga.

Dia berteriak-teriak histeris karena terjadi kontraksi pada perutnya yang sedang hamil tua.

Dansatgas mengatakan setelah menerima laporan dari warga dengan sigap anggota kesehatan Pos Yakyu menuju lokasi pondok sambil membawa perlengkapan kesehatan yang dimiliki untuk membantu proses persalinan.

"Lokasi RT 03 Yakyu sangat jauh dari Puskesmas dan harus melintasi Rawa dengan jarak kira-kira 30 KM dengan menggunakan ketinting atau perahu kecil, jadi satu-satunya yang bisa diharapkan warga meminta bantuan kepada anggota Pos Yakyu Satgas Pamtas RI-PNG Yonif 123/RW,"ungkap Dansatgas.

Aksi Heroik satgas anggota TNI membantu seorang ibu melahirkan secara darurat di hutan

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News